Adlisman : Sosialisasi PATEN Tingkatkan Layanan Publik

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR — Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah menggelar Sosialisasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), bertempat di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (08/10/2018).

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman. Kegiatan sosialisasi ini, sebut Sekda, merupakan bagian upaya mencapai peningkatan kualitas pelayanan publik.

Layanan terpadu satu pintu merupakan kegiatan penyelenggaraan perizinan dan non perizinan yang proses pengelolaannya dimulai dari tahap permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan pada satu tempat. Sehingga keberadaan pelayanan terpadu ini untuk meningkatkan kualitas layanan serta memudahkan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini, sambung Sekda, juga untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi kantor pelayanan terpadu satu pintu di kabupaten. Bagi kecamatan yang secara geografis daerah akan lebih efektif dan efisien dilayani melalui kecamatan, baik secara jarak maupun waktu dan dapat terukur dengan jelas.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat peran kecamatan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Dalam pelaksanaannya, PATEN diharapkan bersinergi baik dengan pelayanan satu pintu yang ada di tingkat kabupaten, yakni PMPTSP. Baik dalam pelaksanaan tugas maupun pelaksanaan delegasi dalam penataan pelayanan,” pungkas Sekda. (Yanti/Hms)

Pos terkait