40 Pokdarwis Kabupaten Agam Kunjungi Geopark Silokek

142

Sijunjung | Topsumbar – Sebanyak 40 orang Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari Kabupaten Agam mengunjungi Geopark Silokek pada Rabu (22/6).

Kunjungan Pokdarwis asal Kabupaten Agam yang dipandu langsung oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam ini dalam rangka praktek lapangan pemanduan geowisata, demikian disampaikan Asesor Geowisata yang juga Kepala Sekretariat Badan Pengelola (BP) Geopark Silokek Ridwan, S.Hut.

Kepala Sekretariat BP Geopark Silokek Ridwan, S Hut yang juga menjadi narasumber praktek lapangan pemanduan geosite ini menyampaikan Geopark Silokek telah menjadi rujukan tempat praktek lapangan geowisata di Sumatera Barat.

Peserta berterimakasih banyak mendapatkan ilmu tentang geowisata ditambah keindahan alamnya yang luar biasa, demikian Ridwan, S.Hut mengungkapkan.

Praktek lapangan pemanduan geowisata Geopark Silokek dipusatkan di Nagari Silokek serta Perkampungan Adat Sijunjung.

Nagari Silokek sendiri telah ditetapkan sebagai 50 Desa Wisata Terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Sementara Perkampungan Adat Sijunjung juga telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional pada 2017.

Diketahui, saat ini Indonesia memiliki 6 geopark yang masuk dalam UNESCO Global Geopark (UGGp), yakni Geopark Batur, Geopark Gunung Sewu, Geopark Ciletuh, Geopark Rinjani, Geopark Kaldera Toba, serta Geopark Belitong.

Saat ini Geopark Silokek tengah berjuang untuk mendapatkan pengakuan sebagai UGGp, sinergitas antara pemerintah daerah dengan berbagai stakeholder terus digiatkan.

Pada Ahad (8/5) lalu Chairman UNESCO GGYF Immanuel Deo Juvente Hadian Silalahi telah mengunjungi Geopark Silokek.

Kemudian pada Kamis (19)5) Gunung Tombuok juga meraih penghargaan CTDA kategori SDG’s yang diadakan oleh MarkPlus Tourism di Jakarta.

Selanjutnya pada Ahad (5/6) Deputi Usaha Mikro Kemenkop RI Eddy Satriya pun mengadakan launching Kampung Madu Galo-Galo di Geopark Silokek.

Terbaru, saat kuliah umum di Sijunjung Dekan Fapet IPB University Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr berkesempatan mengunjungi Geopark Silokek dan memberikan pujian akan eksotisme Geopark Silokek.

(Gun)

loading...