38 Anggota DPRD Kota Padang Masuk ODP Covid-19

3172
Anggota DPRD Kota Padang saat sidang paripurna LKPJ, Senin (16/03/2020), sebanyak 38 orang Anggota DPRD Kota Padang baru saja pulang dari pulau Bali.
Anggota DPRD Kota Padang saat sidang paripurna LKPJ, Senin (16/03/2020), sebanyak 38 orang Anggota DPRD Kota Padang baru saja pulang dari pulau Bali.

Sebanyak 38 orang Anggota DPRD Kota Padang masuk orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona atau Covid-19 sejak Senin (16/03/2020). Puluhan wakil rakyat tersebut baru saja pulang dari Bali mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dari pemerintah pusat.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Arnedi Yarmen mengatakan dirinya menjadi satu diantara 38 Anggota DPRD Kota Padang yang masuk dalam ODP, Ia mengatakan bahwa akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan pemantauan 14 hari ke depan.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Andalas. Namun secara pribadi dirinya akan melaporkan ke pihak tim kesehatan jika muncul gejala Corona.

“Semuanya normal. Kalau ada gejala lain baru melapor,” katanya saat ditemui media ini usai paripurna di DPRD Padang, Senin (16/03/2020).

Arnedi Yarmen menambahkan, Saat mereka di Bali, belum ditemukan kasus virus Corona. Setelah pulang baru ada kasus dan dilakukan pemeriksaan.

“Kita kontrol, karena semua instansi pemerintah juga melakukan,” ungkapnya.

Anggota DPRD Kota Padang, Budi Syahrial juga membenarkan bahwa mereka baru pulang dari Bali mengikuti bimtek yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat.

“Kami yang baru pulang dari Bali saat ini memang ODP, nggak Bali aja, yang dari Jakarta dan Batam pun ODP,” katanya.

Budi menjelaskan bahwa dalam satu hari ada 2000 orang yang masuk ke Kota Padang dari seluruh Indonesia, seharusnya yang ODP itu tidak di angka ratusan lagi, katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyadi menyebutkan, para anggota DPRD tersebut akan dipantau selama 14 hari ke depan. “Selama 14 hari ke depan akan kita pantau adakah yang mengalami gajala batuk, pilek, demam dan sesak nafas,” kata Feri Mulyani.

Dia menyebut, para anggota DPRD Padang yang masuk ODP tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Hasilnya, mereka yang masuk ODP masih dalam kondisi sehat dan normal.

“Kondisi saat ini masih sehat, itulah yang kita sebut orang dalam pemantauan atau ODP,” ujar dia.

Para anggota DPRD tersebut masuk ODP, karena Bali menjadi salah satu daerah yang dianggap terjangkit virus Corona. “Bukan disebut suspect, namun orang dalam pemantauan Corona,” tegasnya.

Feri Mulyadi juga menghimbau orang yang berstatus ODP sebaiknya menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan bergizi serta mengurangi aktivitas sosial.

“Kurangi aktivitas sosial, terutama yang berkumpul dengan orang banyak,” ungkapnya.

38 orang Anggota DPRD Kota Padang melakukan bimtek sejak Senin (09/03/2020) sampai Kamis (13/03/2020) di Bali. Ada tujuh orang Anggota DPRD Padang lainnya yang tidak ikut ke Bali karena ada urusan, seperti Ketua DPRD Syafrial Kani, Elly Thrisyanti, dan anggota lainnya. (Ha)

loading...