Irwan Prayitno : Pers Dan Media Juga Menjadi Kekuatan Dalam Menjaga Kedaulatan Bangsa

534

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kanan) bersama Presiden RI Joko Widodo (tengah), Ketua PWI Pusat Margiono (kiri), Ketua Dewan Pers Yoseph Adhi Prasetyo (kedua kiri), Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kedua kanan), saat memukul gendang tradisional sebagai tanda peresmian puncak Hari Pers Nasional 2018

PADANG, TOP SUMBAR — Rohana Kudus, Djamaluddin Adinegoro, Rosihan Anwar, Martias Pandu yang merupakan tokoh pers asal Sumatera Barat. Ada juga Mohammad Yamin, Agus Salim, Mohammad Hatta, dan Hamka yang tulisannya memberikan wahana kebangsaan dalam mewujudkan kebanggaan akan tanah air Indonesia.

Tokoh asal Sumatera Barat dan peran wartawan turut andil dalam perjuangan bangsa melalui pengabdian pada pers nasional.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dalam sambutannya pada hari puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Pantai Padang, Jum’at (9/2).

Lebih lanjut Irwan Prayitno menyampaikan, wartawan merupakan mitra sejati pemerintah dalam mengontrol dan memajukan pelaksanaan pembangunan.

Ia menambahkan, pemerintah tidak bisa lepas dari kekurangan ataupun kekhilafan. Karena itu, pers dan media menjadi penerang akan kekurangan tersebut sehingga penyelenggaraan pemerintah bisa lebih baik lagi. Pers dan media juga menjadi kekuatan bangsa dalam menyatukan dan menjaga kedaulatan bangsa.

“Oleh karena itu, kita berharap pers dan media tetap menjadi kekuatan informasi bangsa yang, sehat, cerdas, profesional dan tahu hati nurani rakyat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Irwan Prayitno

Disebutkan Irwan Prayitno, dalam perjalanan tiga hari bersama presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. Beliau adalah sosok yang sederhana yang peduli terhadap masyarakat. Bentuk program yang menyentuh masyarakat kecil, menjadi sesuatu yang amat berarti dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. Program Kartu Indonesia Pintar, Progaram Keluarga Harapan, Rastra menjadi sesuatu yang diharapkan masyarakat kurang mampu.

“Dari mulai Dhamasraya, Solok, Sawahlunto, dan Tanah Datar, masyarakat sangat antusias menunggu kedatangan Joko Widodo,” ucapnya.

Kita bangga kepada bapak Presiden Joko Widodo, dilanjutkan Irwan Prayitno, yang amat memperhatikan masyarakat, menyapa dan menyalami masyarakat dengan rasa akrab seakan-akan tidak ada batas.

“Untuk semua ini, kami atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat menyampaikan rasa terima kasih. Semoga Indonesia di bawah kepemimpinan semakin lebih baik lagi,” ungkap Gubernur Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno menyampaikan, penyelenggaraan HPN 2018 telah berjalan di Sumatera Barat. Sebagai tuan rumah Sumatera Barat telah berupaya semaksimal mungkin. Namun, disadari ada banyak kelemahan dan kekurangan dalam penyelenggaraan, karena itu kita mohon maaf sebesar-besarnya.

“Semoga kemitraan pers dengan pemerintah Sumatera Barat tetap berjalan baik dalam memajukan pariwisata dan masyarakat di daerah ini,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Gubernur Irwan Prayitno juga mengingatkan kepada para tamu dan undangan agar menikmati semua keindahan alam dan wisata Sumatera Barat. Ada banyak ragam makanan yang perlu dinikmati dengan berbeda rasa hanya dengan dua kata, enak dan enak sekali. Selain itu Sumatera Barat juga memiliki berbagai macam produk kerajinan UMKM, seperti tenun dan jenis karya budaya yang tinggi.

“Habiskanlah uangnya di Sumatera Barat. Belilah oleh-oleh yang banyak. Karena itu, dapat menjadi kado terindah bagi istri dan suami tercinta,” seru Irwan Prayitno yang disambut tawa riang hadirin.

Hadir dalam kesempatan itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Duta Besar Negara Sahabat, Gubernur se-Indonesia, Walikota Padang Mahyeldi, Ketua PWI Margiono dan pengurus, Dewan Pers, Pimpinan Redaksi Media Nasional, Pimpinan Perusahan, BUMN, dan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. (Syafri)

 

loading...