STES Manna Wa Salwa Tanah Datar Wisuda Sarjana Angkatan Ke III, Wisudawan Terbaik Diraih Fanny Fatullah

TOPSUMBAR – Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Manna Wa Salwa Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) gelar wisuda sarjana pada Kamis (28/9/2023).

Prosesi acara bertajuk
Rapat senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana angkatan ke III periode 2022/2023 itu, dihelat di gedung M.Syafei kota Padang Panjang dipimpin Ketua Senat STES Manna Wa Salwa Nasfi, SE. ME. MM. CRBD.

Wisuda sarjana dihadiri
Ketua Pembina Yayasan STES Manna Wa Salwa H. Riza Muhammad, Lc, Ketua Yayasan STES Manna Wa Salwa Afif El Hadi ST, Ketua STES Manna Wa Salwa, Drs. Amril, Y. MM.

Kemudian, Ketua Jurusan Program studi (Prodi) Ekonomi Syariah Adi Prawira M.Pd.E, Ketua Prodi Perbankan Syariah Yunimar M.Sy, serta segenap civitas akademika STES Manna Wa Salwa.

Turut juga dihadiri Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, Wali Kota Padang Panjang diwakili staf ahli wali kota bidang pemerintahan, hukum dan politik, Nofiyanti, S.STP, M.Si, Sekretaris Kopertais Wilayah VI Sumbar, DR. Martias, S.Ag, S, Pd. M.Ag, orang tua wisudawan wisudawati, dan hadirin.

Ketua STES Manna Wa Salwa, Amril, Y. dalam pidato wisuda, menyebutkan pada wisuda sarjana angkatan ke III ini mahasiswa yang diwisuda berjumlah 19 orang gabungan dari dua Prodi, yaitu Prodi Ekonomi Syariah 8 orang dan Prodi Perbankan Syariah 11 orang.

“Alhamdulillah ada peningkatan jumlah, pada wisuda sarjana angkatan I tahun 2021 baru 5 orang yang di wisuda, Angkatan ke II tahun 2022 naik jadi 10 orang, dan pada angkatan ke III tahun 2023 ini naik lagi jadi 19 orang,’ ucap dia.

Ia menyebutkan, pada wisuda sarjana angkatan ke-III ini, wisudawan terbaik pada Prodi Ekonomi Syariah diraih Rofiqo Melli Mahera, SE dengan IPK 3,89. Rofiqo Melli Mahera berasal dari Siak, Riau.

“Sedangkan wisudawan terbaik pada Prodi Perbankan Syariah diraih Fanny Fatullah, SE dengan IPK 3,96. Fanny berasal dari Batusangkar, Tanah Datar,” ujarnya.

Atas raihan prestasi tersebut, Rofiqo Melli Mahera dan Fanny Fatullah mendapatkan piagam penghargaan dari STES Manna Wa Salwa.

Penghargaan diserahkan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra secara bersama-sama juga oleh Ketua Jurusan Prodi Ekonomi Syariah Adi Prawira dan Ketua Prodi Perbankan Syariah Yunimar.

Serta disaksikan oleh Ketua Pembina Yayasan STES Manna Wa Salwa Riza Muhammad, Walikota Padang Panjang diwakili staf ahli wali kota bidang pemerintahan, hukum dan politik Nofiyanti, Sekretaris Kopertais Wilayah VI Sumbar Martias, Ketua Yayasan STES Manna Wa Salwa Afif El Hadi, Ketua STES Manna Wa Salwa,  Amril, Y, dan hadirin.

Wali kota Padang Panjang diwakili Staf ahli wali kota bidang pemerintahan, hukum dan politik Nofiyanti, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada wisudawan wisudawati yang telah dilantik.

“Selamat juga kepada orang tua wisudawan wisudawati yang telah berhasil mengantarkan anaknya menjadi sarjana di STES Manna Wa Salwa, Tanah Datar Sumatera Barat,” ucapnya.

Dikatakannya, wisudawan wisudawati setelah dilantik akan menjadi awal dari perjalanan baru untuk mencapai cita-cita dan masa depan yang lebih cerah.

Begitu pun untuk STES Manna Wa Salwa,  kedepannya tentu akan banyak tantangan yang dihadapi. Terlebih di era 5.0 memenuhi dunia perguruan tinggi dan tumbuh menjamurnya lembaga-lembaga pendidikan baru.

“Selain tantangan tentu ada banyak peluang yang bisa diraih,” kata dia.

Ia juga mengajak wisudawan wisudawati beserta keluarga yang berasal dari luar kota Padang Panjang dan luar provinsi Sumbar untuk tidak cepat-cepat pergi meninggalkan kota Padang Panjang.

“Silakan belanja-belanja dulu dan menikmati objek wisata di kota Padang Panjang dan Tanah Datar,” ajaknya.

Koordinator kopertais wilayah VI Sumbar diwakili Sekretaris Kopertais Martias, menyebutkan di bawah binaan kopertais wilayah VI Sumbar terdapat 24 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) termasuk STES Manna Wa Salwa.

“Kopertais wilayah VI Sumbar dalam melakukan pembinaan terhadap anggota PTKIS senantiasa mendorong perguruan tinggi binaan mengutamakan mutu sehingga tercapai akreditasinya di tingkat nasional dan kompetensinya dapat bersaing dengan PTKIS lainnya juga secara nasional,” sebutnya.

Senada, Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya mengawali dengan pantun. *Cuaca mendung dibalik awan. Remas jemuran untuk disimpan. Senangnya bertemu para wisudawan,  calon pemimpin bangsa di masa depan*.

Selanjutnya ia mengapresiasi STES Manna Wa Salwa. “Dari namanya saja kita sudah senang. Manna Wa Salwa, makanan dan minuman yang enak dari syurga,” ucap Bupati.

Ia juga bangga karena pada wisuda ini turut di wisuda keponakannya.

“Ibu saya juga hadir ditempat ini mendampingi cucunya yang ikut di wisuda,” sambungnya.

Selanjutnya Eka berpesan kepada wisudawan bahwa wisuda ini bukanlah purna tugas untuk berhenti belajar. Namun sebaliknya ilmu yang telah didapat dari STES Manna Wa Salwa akan digunakan untuk membantu masyarakat dalam menjawab tantangan yang semakin kompleks.

“Begitu ananda wisudawan melepas status mahasiswa,  setelah ini bakal segera melalui proses kehidupan baru yang harus dilalui. Nah apa yang ananda dapatkan selama kuliah di STES Manna Wa Salwa tentu akan menjadi modal didalam melewati proses kehidupan baru itu nantinya,” ujar Bupati Eka.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan STES Manna Wa Salwa H. Riza Muhammad, dalam sambutannya juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang diwisuda.

Kemudian, Ia memaparkan tentang konsep kebahagiaan hidup. Konsep bahagia itu, sederhana tapi harus berjuang.

Sebaliknya, harta yang banyak belum tentu menjamin kebahagiaan. Qarun misalnya, betapa kaya rayanya Qarun, namun kafir dan pada akhirnya  ditenggelamkan Allah SWT.

“Artinya kita hidup harus punya visi ke depan dan visi yang kita harapkan itu yaitu hidup yang diridhai Allah SWT,” ujarnya.

Prosesi wisuda sarjana STES Manna Wa Salwa yang alamat kampusnya berada di kompleks Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas, jalan raya Padang Panjang – Bukittinggi, Panyalaian, kecamatan X Koto, kabupaten Tanah Datar itu, ditutup dengan nyanyi mars STES Manna Wa Salwa oleh seluruh wisudawan dan doa penutup oleh Wakil Ketua II STES Manna Wa Salwa, Zakaria Aziz, M. Pd, serta kalimat penutup oleh Ketua Senat STES Manna Wa Salwa Nasfi, SE. ME. MM. CRBD.

(Alfian YN)

Pos terkait