Zaskia Naila Adri Terpilih jadi Duta Baca Kota Sawahlunto Tahun 2023-2024

Topsumbar — Grand Final Duta Baca Tingkat Kota Sawahlunto tahun 2023-2024 digelar di Balairung rumah dinas Walikota, Sabtu 03 Juni 2023. Sebanyak lima orang finalis terdiri dari Zaskia Naila Adri, Yuland Nuratul Adila dan Asyifa Fadhilla dari siswi SMAN 1 serta Faila Fathihizza dan Thabina Salsadira dari MAN Sawahlunto.

Dewan Juri Ny. Meivyta Deri Asta selaku Bunda Literasi Kota Sawahlunto, Andre Yuberta penulis dan praktisi IT Dinas Pendidikan serta penggiat Literasi termasuk pengusaha UMKM Lambang Wicaksono Sawahlunto.

Dari hasil penilaian maka Dewan Juri memutuskan yang berhak sebagai Duta Baca tahun 2023-2024 diperoleh oleh Zaskia Naila Adri dari SMAN 1 Sawahlunto.

Bacaan Lainnya

Deri Asta Walikota Sawahlunto dalam pidato nya menyampaikan bahwa, kecerdasan literasi salah satunya dibentuk dari hobi membaca, berpengaruh kuat dalam membentuk generasi yang cerdas, unggul dan berdaya saing. Karena itu digelar berbagai kegiatan untuk mendorong minat membaca pada anak-anak dan remaja, tidak boleh disepelekan atau hanya jadi formalitas.

“Kita bertanggung jawab menyiapkan generasi penerus yang berkualitas untuk kota ini. Salah satu indikator kualitas tersebut adalah generasi yang memiliki pengetahuan yang luas tentunya harus rajin membaca,” ungkap Wako.

Bunda Literasi Kota Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta, mengatakan bahwa Duta Baca dinilai memiliki sejumlah keunggulan untuk terjun langsung melakukan sosialisasi kepada kaum millenial, pelajar dan remaja.

“Dengan usia yang sebaya atau sama-sama termasuk ke dalam kalangan millenial, maka Duta Baca ini efektif memasuki teman-teman mereka sesama remaja/pemuda. Kita dari Pemko mendukung dan memfasilitasi, baik dari kebijakan, program maupun anggarannya, sehingga, gerakan yang dilakukan Duta Baca nantinya, bisa maksimal dan semakin baik,” harap Ny. Meivyta Deri Asta.

Jon Hendri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto juga hadir bersama jajarannya memberikan apresiasi serta suport kepada para finalis Duta Baca.Jon Hendri berharap agar minat baca dari tahun ketahun selalu bertambah melalui perpustakaan Adinegoro yang dikelola Pemko Sawahlunto.

(ROL)

Pos terkait