Pemko Padang Panjang Gelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila, Wali Kota : Pancasila Anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Topsumbar –  Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila, Kamis (1/6/2023), di halaman Balai Kota.

Melansir laman Kominfo Padang Panjang, dalam upacara tersebut Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara diikuti ASN, TNI, Polri, dan pelajar. Turut hadir, Wakil Wali Kota, Asrul, Forkopimda, Sekdako, Sonny Budaya Putra, Ketua TP-PKK, Dian Puspita Fadly Amran, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Sri Hidayani Sonny Budaya, serta jajaran pejabat Pemko.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran saat membacakan amanat Presiden Republik Indonesia,  Joko Widodo, menyampaikan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

“Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana. Seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Harlah Pancasila setiap tanggal 1 juni, sebutnya, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, tetapi turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut disampaikan, menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024, dirinya mengimbau seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai.

“Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Jiwa dan roh Pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak dan berelasi setiap individu manusia Indonesia,” sebutnya.

Seiring dengan tema peringatan tahun ini, masyarakat diimbau untuk saling bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

“Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya,” ajaknya.

“Dan mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” sambungnya.

(AL)

Pos terkait