Tingkatkan Kesejahteraan Lansia, Kemensos Serahkan Bantuan bagi 500 Lansia Kecamatan Koto Salak

Topsumbar –  Kementerian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung memberikan bantuan bagi 500 lanjut usia (Lansia) di Kecamatan Koto Salak, tepatnya di Nagari Koto Salak dan Nagari Padukuan, Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Senin 29 Mei 2023.

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) yang diperingati setiap 29 Mei. Penyerahan bantuan dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Koto Salak dan Kantor Wali Nagari Padukuan.

HLUN tahun 2023 ini dipusatkan di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat dengan mengusung tema “Lansia Terawat Indonesia Bermartabat”.

Bacaan Lainnya

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana menerangkan bantuan tersebut diberikan atas hasil asesmen yang sebelumnya sudah dilakukan oleh tim Sentra Terpadu Kartini Temanggung didukung oleh para pendamping sosial setempat.

“Untuk Nagari Koto Salak sejumlah 286 paket, sedangkan dari Nagari Padukuan sejumlah 214 paket diberikan. Paket bantuan tersebut berupa Bantuan Sandang, Nutrisi dan Sembako,” terang Iyan.

Iyan menambahkan, Selain paket bantuan tersebut Kemensos juga memberikan bantuan Alat Bantu Dengar, Kursi Roda, tripod dan juga bantuan kewirausahaan serta bantuan isian Rumah Sejahtera Terpadu (RST) berupa paket kebutuhan peralatan rumah tangga dan renovasi rumah.

“Rangkaian kegiatan HLUN Ke-27 sudah dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya Pemeriksaan kesehatan dan pemberian terapi, Pembuatan Taman Lansia, Pelibatan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dalam pembuatan jembatan gantung dan Pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu bagi lansia,” sambung Iyan.

Kiswo Kastadi (72 tahun) penerima bantuan sembako mengaku sangat senang menerima bantuan tersebut, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemensos.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi saya, terima kasih bu Mensos,” ungkap Kiswo.

Rangkaian kegiatan HLUN 2023 lain nya berupa pelibatan SDM PKH dalam pendampingan lansia di acara puncak HLUN, Pelibatan Pendamping Sosial dalam asesmen lansia, pemberian bantuan program sembako bagi lansia, dan operasi katarak.

(Hms)

Pos terkait