Semangati Kaum Intelektual Muda, Mahyeldi Sampaikan Orasi Ilmiah Dihadapan Wisudawan UNES – AAI

Topsumbar – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah memberikan orasi ilmiah dalam acara wisuda ke 57 Universitas Ekasakti dan Akademi Akuntansi Indonesia yang ke 66 di Auditorium UNP, Padang, Sabtu ( 27/5/2023).

Orasi yang disampaikannya tersebut berjudul “Peran Perguruan Tinggi dalam Mencetak Generasi Emas Indonesia yang Unggul dan Berkelanjutan”.

“Saat ini dunia menghadapi berbagai tantangan, seperti revolusi teknologi yang cepat, perubahan iklim, ketimpangan sosial, kualitas SDM dan banyak lagi lainnya,” ungkap Mahyeldi

Bacaan Lainnya

Untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut perlu upaya bersama dari seluruh unsur pentahelix atau multipihak dimana unsur Pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi dalam melahirkan suatu kebijakan.

“Salah satunya dengan menempatkan pentingnya peran akademisi dalam mencari solusi masalah yang menjadi isu utama sekarang ini, itulah yang menjadi tugas bersama kita saat ini,” tegas Gubernur Mahyeldi.

Dijelaskannya, untuk membangun kemitraan yang kuat antara akademisi dan pengambil kebijakan, semua unsur perlu membuka diri, tidak hanya pemerintah, sebaliknya akademisi dan unsur pentahelix lainnya juga perlu lebih pro aktif.

“Akademisi dan unsur pentahelix lainnya juga perlu lebih aktif dalam mengkaji permasalahan masyarakat dan memberi saran kepada pemerintah, agar setiap kebijakan yang diambil menjadi lebih tepat, terutama terkait penyiapan generasi yang berkualitas,” kata Gubernur Mahyeldi

Selanjutnya Gubernur menyampaikan, sebagai sosok terpelajar para wisudawan juga memiliki tanggung jawab besar dalam membangun masyarakat dan memberikan kontribusi nyata kepada negara ini.

Jadilah orang yang progresif, inovatif dan solutif serta terbuka terhadap perubahan. Dunia terus berkembang, perlu kemampuan adaptasi agar tetap relevan dengan lingkungan dalam bingkai tujuan untuk mewujudkan masyarakat Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan.

Menurutnya, semakin banyak sarjana ditengah masyarakat maka semakin banyak pula ide yang bisa dihasilkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Ananda semua adalah bagian dari kaum intelektual bangsa. Saya yakin, Ananda akan mampu menjadi penemu solusi dari berbagai persoalan bangsa kedepan,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga mengucapkan selamat kepada para Wisudawan dan Wisudawati sembari mengingatkan, kelulusan adalah awal dari perjalanan karir, jangan berhenti sampai disini teruslah berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik agar Masyarakat Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan dapat segera terwujud.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono, S.IK, SH, Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, SH, M.Pd, Rektor UNES AAI Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd, Ketua Dewan Pembina YPTP Prof. Dr. Andi Suryaman Mustari Pide, SH, M.Hum dan undangan lainnya.

(adpsb)

Pos terkait