PWI Sawahlunto Usulkan Djamaluddin Adinegoro Jadi Pahlawan Nasional

Topsumbar – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sawahlunto, Senin 29 Mei 2023 mengadakan rapat terkait rencana usulan PWI Sawahlunto terhadap sosok Djamaluddin Adinegoro menjadi Pahlawan Nasional akan segera terwujud.

Hal itu diungkapkan Indra Yosef Datmi Ketua PWI Sawahlunto. Pengusulan Adinegoro menjadi Pahlawan Nasional, masyarakat dan Pemko Sawahlunto berikan respon yang sangat positif.

“Kita akan torehkan sejarah baru dimana Kota Sawahlunto telah melahirkan putra-putra terbaik yang ikut berjuang dalam perebutan kemerdekaan. Salah satu Pahlawan Nasional berasal dari kota ini khususnya Talawi adalah Muhammad Yamin, dan sekarang kita akan mengusung Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional yang juga merupakan saudara seayah dengan Muhammad Yamin,” katanya.

Bacaan Lainnya

Keinginan tersebut muncul dari rekan-rekan Pers yang tergabung dalam organisasi PWI Sawahlunto, dimana PWI Sawahlunto menangkap aspirasi dan keinginan masyarakat Sawahlunto untuk mendukung Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional, dengan melihat kiprah nya dalam dunia jurnalistik, dan pengaruh rekam jejaknya dalam perjuangan bangsa Indonesia, sambungnya.

Indra Yosef menegaskan bahwa PWI Sawahlunto tidak bisa bekerja sendiri, PWI Sawahlunto akan bersinergi dan berkolaborasi dengan organisasi kemasyarakatan, sejarahwan, akademisi, keluarga besar Djamaluddin Adinegoro dan pihak pemerintah dari tingkat kota, propinsi dan pusat.

“Untuk mewujudkan hal ini. Kita akan berkerjasama dengan berbagai pihak mengadakan seminar kajian naskah akademik pengusulan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional di Talawi, dalam waktu dekat ini di tahun 2023,” imbuhnya.

Sekdis Kebudayaan Adrial, menyebut kegiatan pengusulan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional dimulai dengan pengumpulan naskah akademik Djamaluddin Adinegoro, yang akan digunakan untuk pemenuhan tahapan pengusulan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional. Dengan seminar yang diadakan ditingkat Kota Sawahlunto, tingkat Propinsi dan Nasional.

Tahapan selanjutnya mengumpulkan dukungan dan support dari masyarakat, ormas, organisasi adat dan kenagarian dan pihak-pihak lainnya untuk mempercepat proses pengusulan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional. Nantinya akan dibentuk tim yang didalamnya juga ada unsur PWI.

Dinas Kebudayaan Kota Sawahlunto yang memiliki nomenklatur pengumpulan naskah akademik Djamaluddin Adinegoro ini, yang dipergunakan kedepannya sebagai acuan. Maka hari ini diserahkan kepada PWI Sawahlunto untuk bisa melaksanakan kegiatan seminar dan yang lainnya untuk mendukung pengusulan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional.

Kabid Informasi Komunikasi Publik dan Statistik Sari Rahmawati, mengapresiasi dengan baik kegiatan dan pengusulan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional.

“Bagi kita semua kegiatan yang membangun dan memberikan kontribusi yang baik bagi Kota Sawahlunto pasti didukung,” ucapnya.

Selanjutnya, Adrial Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Sawahlunto menyerahkan naskah akademik pengusulan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional kepada PWI Sawahlunto.

(ROL)

Pos terkait