Pengurus PWI Sijunjung Dikukuhkan, Bupati Ucapkan Selamat dan Berharap Pers Dapat Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah

Topsumbar – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sijunjung dikukuhkan, Selasa (23/5/2023), di Gedung Pancasila, Muaro Sijunjung.

Dikutip dari infopubliksijunjung, pengukuhan kepengurusan PWI Sijunjung periode 2023-2026 itu, dikukuhkan oleh Ketua PWI Sumatera Barat (Sumbar), Basril Basyar dan turut disaksikan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, unsur Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Camat se-Kabupaten Sijunjung.

Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar dalam sambutannya, menyebutkan PWI akan selalu berkomitmen mengawal dan mengontrol kebijakan pemerintah sesuai kode etik jurnalistik.

Bacaan Lainnya

“Untuk itu diharapkan kepada PWI Sijunjung bisa mengawal dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Mulai dari satuan atas sampai bawah, Demi Sijunjung Maju Sijunjung Jaya sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga meminta PWI Sijunjung ciptakan kader-kader wartawan dan pembinaan kompetensi jurnalis muda.

“Didalam Undang-undang pers itu diatur siapa wartawan dan Dewan Pers diberi kewenangan membuat peraturan tentang perusahaan pers harus mempunyai legalitas dan wartawan harus ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Benny Dwifa diawal sambutannya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya kepengurusan PWI Kabupaten Sijunjung periode 2023-2026.

“Selamat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah yang telah diberikan,” ucapnya.

Lanjut ia mengajak seluruh insan pers di Kabupaten Sijunjung memupuk kesadaran dan komitmen untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya pembangunan di Ranah Lansek Manih.

“PWI adalah salah satu sarana penyampaian informasi, baik pemerintah ke masyarakat, maupun sebaliknya terlebih di era transformasi media saat ini,” tuturnya.

Benny mengakui pers sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pemberitaan pembangunan.

“Saya berharap pers dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, sehingga dapat mempublikasi dan memberi masukan demi sijunjung lebih baik kedepannya,” harapnya.

Ia juga berharap insan pers memberitakan berita yang sesuai fakta dan bisa sebagai penetralisir adanya berita hoax.

“Mudah-mudahan melalui PWI para insan pers dapat melaksanakan uji kompetensi wartawan, sehingga dapat meningkatkan kualitas wartawan dan profesional dalam penulisan,” tutupnya.

Adapun pengukuhan pengurus PWI kabupaten Sijunjung berdasarkan Surat Keputusan pengurus PWI Provinsi Sumatera Barat No:17.01/SK/PWI-SB/V/2023 tentang Pengesahan Susunan Pengurus PWI Kabupaten Sijunjung periode 2023-2026.

Pengurus PWI Sijunjung yang dikukuhkan, yakni Ketua Mashariyanto, SE, Sekretaris Yudalius Karunia, S.Pd, dan Bendahara H. Dalmali.

Kemudian Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Ali Imran, Sekretaris Chris Gangga Lalapari, dan Bendahara Priyono.

Dalam momentum tersebut juga dikukuhkan pengurus Ikatan Ketua Wartawan Indonesia (IKWI) dengan Ketua Wirdati, Sekretaris Deswita, dan Bendahara Eka Yulia.

(AG)

Pos terkait