Ketua Forikan Agam Tegaskan Forikan Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga dan Gemarikan Bisa Tekan Stunting

Topsumbar – Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) kabupaten Agam, Yenni Andri Warman menegaskan Forikan selain bisa meningkatkan perekonomian warga, gemar makan ikan (Gemarikan) juga bisa menekan stunting.

Penegasan itu disampaikan Yenni saat membuka pelatihan administrasi bagi anggota Forikan yang digelar Pemerintahan Nagari Tanjung Sani di aula kantor nagari setempat, Jumat (26/5/2023), dikutip dari AMCNews.

Pelatihan yang diikuti puluhan anggota Forikan Nagari Tanjung Sani itu, turut dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Agam, Rosva Deswira, dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Yenni, masyarakat dapat berwirausaha dengan menghasilkan produk- produk olahan dari ikan.

“Selain sehat dan bergizi tinggi, makan olahan ikan juga banyak digemari oleh masyarakat, sehingga produk makanan dari olahan ikan tersebut mudah dipasarkan,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Yenni, mengatakan Gemarikan merupakan upaya sistematis dan terstruktur yang diinisiasi oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) RI.

“Kegiatan ini melibatkan seluruh pemprov, kabupaten/kota, dan elemen lainnya untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan,” ujarnya.

Dikatakannya juga, Forikan ini bertujuan untuk mencerdaskan dan menyehatkan masyarakat Indonesia, ” Forikan ini diharapkan dapat mengajak masyarakat agar gemar makan ikan dengan menkonsumsi makanan dengan berbagai variasi dari olahan ikan,” harapnya.

Selain itu, Forikan ini juga menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menuruni angka stunting. “Dengan tingginya minat makan ikan, maka kesehatan dan kebutuhan gizi masyarakat tercukupi,” ujarnya.

Ia berharap, agar setiap anggota Forikan dapat mengajak anak-anak di keluarga dan lingkungannya masing-masing untuk dapat mengkonsumsi ikan, agar terhindar dari stunting

“Kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, sehingga ilmu yang didapati bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar isteri Bupati Agam itu.

Sementara itu, Kepala DKPP Agam, Rosva Deswira mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk berbagi informasi dan ilmu terkait Forikan kepada masyarakat.

Dikatakan, Forikan ini adalah salah satu program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat.

“Forikan ini juga bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga agar terhindar dari stunting,” ujarnya.

(AL)

Pos terkait