Kemensos Pilih Dharmasraya Sebagai Puncak HLUN 2023

logo hari lanjut usia nasional 2023.

Topsumbar – Isbat Nikah merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati pada tanggal 29 Mei setiap tahunnya.

Mengambil tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”, acara puncak HLUN 2023 akan dilaksanakan di Kabupupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, 29 Mei 2023.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas P3APPKB) Kabupaten Dharmasraya Martin Efendi mengatakan data ada sebanyak 891 lansia tidak mendaftarkan pernikahannya.

Bacaan Lainnya

“Alasan belum menikah resmi karena kalau di kampung, kondisi sudah tua tidak mungkin mengurus berkas nikah, sehingga memilih nikah di bawah tangan (siri), tidak tercatat negara,” katanya saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Banyaknya angka pernikahan siri lansia disebabkan saat menikah puluhan tahun yang lalu tidak mendapatkan buku nikah. Tidak tercatatnya pernikahan terdahulu berimbas pada pernikahan kedua. Saat lansia ingin mengurus pernikahan, surat keterangan cerai tidak bisa keluar karena tidak ada buku nikah dari pernikahan sebelumnya.

Selain Isbat nikah, rangkaian HLUN 2023 di Dharmasraya juga akan memfasilitasi pemenuhan hak sipil lansia seperti pembuatan E-KTP, akte kelahiran, dan Kartu Keluarga. Pelayanan ini diberikan secara terpadu oleh Pengadilan Agama, Kantor kementerian Agama, dan Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

(Yan/HMS Kemensos)

Pos terkait