IPHI Lubuk Basung Agam Arak Calon Jamaah Haji, Djasman Effendi : Pawai Ini Bukanlah Untuk Ria

Topsumbar – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Lubuk Basung, kabupaten Agam menggelar arakan atau pawai calon jamaah haji, Kamis (25/5/2023).

Pawai dimulai dari Sekretariat IPHI Lubuk Basung dan finish di Masjid Agung Nurul Falah.

Pawai diikuti sebanyak 153 peserta yang terdiri dari calon jamaah haji di Agam bagian barat.

Menurut Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Lubuk Basung, H Djasman Effendi arakan atau pawai calon jamaah haji merupakan program tahunan IPHI Kecamatan Lubuk Basung.

Dikatakannya, pawai calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci terakhir dilaksanakan pada 2019 silam.

“Tiga tahun kita absen atau vakum karena pandemi Covid-19, hari ini kembali kita gelar pawai arakan calon jamaah haji,” kata H. Jasman dikutip dari AMCNews, sembari menyebutkan pada 2022 dilakukan keberangkatan calon jamaah haji terbatas.

“Pawai ini bukanlah untuk ria, melainkan untuk mensyiarkan rukun Islam kelima yang juga menjadi program tahunan IPHI Lubuk Basung,” sambungnya menegaskan.

H. Djasman menuturkan, tujuan lain yang hendak dipetik dari pelaksanaan arakan calhaj yakni untuk memperkenalkan calon jamaah kepada masyarakat.

“Pengurus juga berharap, sekembalinya dari tanah suci, para jamaah dapat bergabung bersama kami di IPHI Lubuk Basung,”ujarnya.

IPHI Lubuk Basung juga mengimbau calhaj yang menunaikan ibadah agar tidak melenceng dari ilmu yang diberikan saat manasik.

“Pesan kami berpegang teguhlah pada ilmu yang diberikan guru manasik dan jaga kekompakan selama menjalankan ibadah,” katanya.

(AL)

Pos terkait