Gubernur Mahyeldi Melantik Fernando Jongguran Simanjuntak Sebagai Pj. Bupati Kepulauan Mentawai

Topsumbar – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah melantik dan mengambil sumpah jabatan Fernando Jongguran Simanjuntak sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai di Auditorium Gubernuran Prov. Sumbar, Rabu (24/5/2023).

Pelantikan tersebut diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-1215 Tahun 2023 tertanggal 20 Mei 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai Provinsi Sumbar.

“Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah sampai dengan dilantik pejabat definitif nantinya, maka Mendagri telah menetapkan Sdr. Fernando Jongguran Simanjuntak sebagai Pj. Bupati Kepulauan Mentawai,” kata Mahyeldi saat memberi sambutan dalam acara pelantikan di Auditorium Gubernuran, Rabu (24/5/2023).

Bacaan Lainnya

Gubernur menerangkan, sebelumnya Fernando bertugas sebagai Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Suka Bumi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Penunjukannya sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai tersebut tentunya telah melalui pertimbangan yang sangat matang dari Kemendagri. Ia berharap, semoga Pj. Bupati dapat membantu Kab. Kep Mentawai menjadi lebih baik kedepannya.

“Mentawai memang kaya dengan potensi perikanan, kita berharap dengan pengalaman yang dimiliki oleh Pj Bupati, Kab. Kep. Mentawai bisa menjadi lebih baik kedepannya,” harap Mahyeldi.

Selanjutnya, Gubernur menyampaikan banyak tanggungjawab yang ditumpangkan negara kepada Pj. Bupati, pertama untuk menjamin jalannya roda pemerintahan di Kab. Kep. Mentawai, kedua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ketiga untuk menjaga keberlangsungan, kelestarian lingkungan secara keseluruhan.

Disamping itu, Fernando juga ditugaskan untuk menfasilitasi pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada Tahun 2024 serta memastikan netralitas aparatur sipil negara dapat terus terjaga selama proses Pemilu nantinya.

Menurutnya, Jabatan Kepala Daerah berbeda jauh apabila dibandingkan dengan jabatan struktural. Kepala Daerah bertanggungjawab penuh atas masyarakat, wilayah dan tatakelola pemerintahan yang dipimpinnya. Visi dan kebijaksanaan seorang kepala Daerah, sangat menentukan maju atau tidaknya masyarakat dan daerah yang dipimpin.

“Mengingat itu semua, saya minta Saudara Pj. Bupati bisa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan semua jajaran baik dilingkup internal maupun eksternal,” tutur Mahyeldi.

Terakhir ia mengucapkan selamat kepada Pj. Bupati yang baru semoga amanah yang diberikan dapat dijalankan dengan baik dan kepada Pj. Bupati yang lama Gubernur Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih atas segala dedikasinya selama menjabat.

“Terima kasih juga kita ucapkan kepada Pj. Bupati yang lama Saudara Martinus Dahlan yang telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik selama menjabat kemaren ,” tukuk Mahyeldi. (Ht/adpsb)

Pos terkait