Festival Ayam Kukuak Balenggek Ramai Peserta, Ratusan Simpatisan Hadir ke Sawahlunto

Topsumbar – Lebih dari seratus peserta festival ayam kukuak belenggek hadir di Lapangan Segi Tiga (Lapseg) Kota Sawahlunto dalam rangka Robowikti Farm Cup II, Minggu pagi 28 Mai 2023.

Acara dibuka langsung oleh Wakil Walikota Zohirin Sayuti didampingi oleh Ketua DPRD Eka Wahyu dan Ismed serta beberapa pimpinan OPD.

Suryadi selaku Ketua Pelaksana menerangkan bahwa ajang festival ayam kukuak balenggek ini diikuti lebih seratusan peserta, tuan rumah dan kapupaten/kota lain yang ada di Sumbar. Kelas yang diperlombakan pada festival ini selain versi pemula, landik, boko dan istimewa.

Bacaan Lainnya

Zohirin Sayuti dalam pidato nya menyampaikan bahwa ajang festival ayam kukuak balenggek ini juga merupakan nilai positif bagi rotasi ekonomi kota Sawahlunto. Terutama bagi pendatang dari luar Sawahlunto.

“Mereka tentu akan berbelanja untuk kebutuhan nya di kota kita,” ungkapnya.

Wawako juga mengucapkan selamat datang dan selamat berlomba, khusus nya bagi para peserta dari luar agar dapat sekalian berwisata ke objek wisata kota yang multi sejarah ini.

Pemko Sawahlunto akan selalu mendukung iven-iven yang mendatangkan banyak pengunjung ke Sawahlunto, karena hal itu berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi maupun pariwisata.

“Festival ayam kukuak balenggek ini termasuk dalam rangkaian sport tourism. Kita mendukung agar bisa dilakukan setiap tahunnya,” ungkap Zohirin Sayuti.

Sejumlah perwakilan dari Dinas Peternakan Sumbar, khususnya di bidang kesehatan hewan juga terlihat menghadiri festival ini. Selain dari Pemko Sawahlunto, penyelenggaraan festival ini juga didukung oleh sponsor PTBA-UPO, Bank Nagari dan pihak ketiga lainnya.

(ROL)

Pos terkait