Didampingi Bupati, Dandim 0306/50 Kota Paparkan Persiapan TMMD/N 116 Limapuluh Kota di Depan Pangdam I Bukit Barisan

Didampingi Bupati, Dandim 0306/50 Kota Paparkan Persiapan TMMD/N 116 Limapuluh Kota di Depan Pangdam I Bukit Barisan

Limapuluh Kota | Topsumbar – Dalam rangka memberi gambaran untuk mensukseskan rencana kegiatan terpadu Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 116 Tahun Anggaran 2023, Dandim 0306/50 Kota, Letkol.Inf. Deny Nurcahyono didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo menyampaikan persiapan kegiatan di hadapan Pangdam I Bukit Barisan MayjenTNI A. Daniel Chardin, Kamis, (04/05/2023).

Diselenggarakan secara daring, paparan yang disampaikan Letkol Deny turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Widya Putra beserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Wali Nagari Sitanang Hardison Dt.Tulahir, Wali Nagari Ampalu Fahmi Akbar, dan sejumlah pejabat utama Kodim 0306/50 Kota.

Seperti diketahui sebelumnya, pelaksanaan TMMD/N 116 tahun 2023 akan diselenggarakan di Kecamatan Lareh Sago Halaban dan direncanakan membuka ruas jalan yang menghubungkan Nagari Sitanang dengan Nagari Ampalu. Panjang jalan yang akan dibuka sepanjang 8200 dengan membuka jalan baru sepanjang 4500 m, pelebaran jalan di Ampalu 1200 meter, dan di Sitanang sepanjang 2500 meter.

Bacaan Lainnya

“Berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota dibantu Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, dimulai pada awal februari 2023 lalu kita telah melalui proses perencanaan, di akhir februari memasuki fase persiapan dan pada bulan Maret-April telah dilaksanakan pra TMMD/N,” papar Letkol Deny.

Di bagian lain paparannya, Letkol Deny menjelaskan, dengan dibukanya jalan baru yang menghubungkan kedua nagari akan memiliki multiflier efek yang menguntungkan masyarakat, utamanya dalam memangkas waktu tempuh yang sebelumnya memakan waktu hingga 45 menit menjadi 15 menit. Kemudian dari aspek pertahanan sendiri, pembukaan jalan ini akan menjadi pangkal perlawanan wilayah, serta mendukung kelancaran distribusi logistik untuk mendukung operasi tempur.

“TMMD tahun 2023 diharapkan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme dan bela negara serta gerakan cinta tanah air bagi masyarakat dan dapat mewujudkan kemanunggalan TNI dan masyarakat,” pungkas Letkol Deny.

Menanggapi paparan Dandim 0306/50 Kota, Bupati Safaruddin mengapresiasi dan siap mendukung kemanunggalan TNI dan masyarakat.

Kemudian dikatakannya, kegiatan TMMD dapat bersinergi dengan program-program pemerintah, baik pusat maupun daerah guna meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di wilayah selatan Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kami berterima kasih kepada Kodim 0306/50 Kota yang telah mendukung pembangunan wilayah pinggir Limapuluh Kota sesuai dengan salah satu program unggulan Pemkab Limapuluh Kota,” ucap Bupati Safaruddin.

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota lanjut Bupati siap berkolaborasi dan bersinergi untuk menyukseskan program TMMD di Limapuluh Kota.

“Diperlukan semangat kebersamaan yang kuat untuk maju dan mewujudkan pembangunan di selatan Kabupaten Limapuluh Kota tersebut,” pungkasnya. (Ton)

Pos terkait