Buntut PHK, Keluarga Buruh Blokade Pintu Masuk Pabrik AQUA Solok

Topsumbar – Aksi demo kembali terjadi di PT. Tirta Investama (AQUA) di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Senin (29/05/2023). Kali ini sejumlah pendemo melakukan aksi di pintu masuk pabrik AQUA tersebut.

Aksi kali ini masih mengenai buntut dari masalah PHK pada Agustus 2022 lalu. Keluarga buruh yang di PHK menuntut agar para buruh yang di PHK bisa bekerja kembali.

Pantauan media ini, aksi unjuk rasa berlangsung sejak pukul 06.30 WIB. Salah seorang keluarga buruh mengatakan aksi demonstrasi ke Pabrik AQUA Solok dilakukan dalam bentuk aksi damai.

Bacaan Lainnya

Terlihat di pintu masuk Pabrik AQUA puluhan warga berkumpul dan memblokade akses ke pabrik. Mereka tidak ingin ada aktivitas di pabrik yang memproduksi air mineral itu hingga ada keputusan agar para buruh yang di-PHK kembali dipekerjakan.

Yeti (58), meminta agar pihak manajemen merekrut kembali anak nya sebagai pekerja. Anak Yeti sudah bekerja selama 10 tahun di perusahaan tersebut.

Yeti mengatakan sebelumnya pihak manajemen sempat akan merekrut kembali para pekerja yang di-PHK. Namun, kata dia, hingga saat ini belum ada keputusan apakah mereka akan diterima kembali.

“Sudah satu bulan lebih anak-anak kami menunggu keputusan, tapi akhirnya tidak ada juga sampai sekarang ini,” kata Yeti.

Yeti menyebut akan terus melakukan aksi unjuk rasa Pabrik AQUA Solok sampai tuntutan mereka dikabulkan. Dirinya mengatakan para orang tua pekerja yang di-PHK akan tetap akan menggelar aksi blokade ini hingga anak-anak mereka diterima kembali.

“Kalau tidak ada keputusan hari ini, kami akan tetap di sini. Kalau tidak ada juga, besok kami tetap di sini. Pokoknya pekerjakan lah anak-anak kami kembali,” katanya.

(Han)

Pos terkait