Survei Indikator, Publik Trust Polri Signifikan Bergerak Positif

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono SIK SH beserta Pejabat Utama Polda Sumbar kunjungan ke Mako Polres Dharmasraya

Dharmasraya | Topsumbar – Survei Indikator Politika menunjukan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri berdasarkan Survei yang dilakukan pada 11-17 April 2023 menujukan kepercayaan terhadap polri diangka 73,2%.

“Publik trust Polri terus bergerak positif. Terbaru, angkanya kembali meningkat, menjadi 73,2 persen,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Minggu (30/04/2023).

Menurutnya, salah satu alasan yang mendasari meningkatnya kepercayaan kepada Polri adalah dampak tindakan tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terhadap para jenderal yang terlilit perkara. Polri, jelasnya, juga bersikap netral dengan tidak melindungi para perwiranya dari jerat hukum maksimal.

Bacaan Lainnya

Pada survei sebelumnya, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri pada Februari 2023 baru menyentuh 70,8%. Artinya, dalam rentang setidaknya dua bulan, ada peningkatan yang cukup signifikan.

“Ada 71,5% masyarakat yang puas terkait kinerja Kepolisian membangun komunikasi dengan warga. Ada juga 73,6% yang puas dengan usaha Kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkapnya.

Survei Indikator ini dilakukan dengan wawancara tatap muka. Jumlah responden sebanyak 1.220 orang responden dan toleransi kesalahan sebesar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sama halnya di Kabupaten Dharmasraya Sejumlah program Polres yang bersentuhan langsung dengan masyarakat mendapat tempat dihati masyarakat. hal tersebut didasari dengan sejumlah giat polres belum lama ini seperti lapor langsung melalui “Halo Pak Kapolres” dimana masyarakat bisa menghubungi langsung nomor telepon Bapak Kapolres dan ditambah Program Jumat Curhat Polres bersama masyarakat setempat.

Selain itu ada juga edukasi rutin bahaya lakalantas, taat tertib lalulintas kepada masyarakat baik dilingkungan sekolah maupun masjid-masjid. Turut juga terpantau giat Cepat Tanggap Bencana melalui himbauan waspada bencana dan aksi turun langsung kelokasi, melakukan sejumlah penyelamatan serta turut membantu masyarakat terdampak bencana. giat dan program tersebut dipercaya dan disambut baik oleh masyarakat Dharmasraya.

Belum lama ini salah satu personil Polres Dharmasraya, Daffa Rahmanda terpilih sebagai salah satu perwakilan Sumatera Barat sebagai Influencer yang digelar Divisi Humas Polri pada acara Pertemuan Efektif Bersama Pegiat Media Sosial Tahun 2023 di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Daffa terpilih sebagai utusan Polda Sumbar ke Jakarta dengan kategori followers instagram terbanyak. Selain menjadi anggota Polri, dirinya juga mendapat tempat di hati masyarakat, sosok Polri yang jadi idola di masyarakat, terlihat dari banyaknya jumlah followersnya.

Tidak hanya itu, polres Dharmasraya juga mempercayakan penyaluran zakat harta dan zakat jabatan anggotanya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Dharmasraya untuk membantu masyarakat sekitar.

(Yanti)

Pos terkait