Puluhan Ribu dan Ratusan Mahasiswa Sumbar Terima Bantuan PIP Kemendikbud

Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni

Jakarta | Topsumbar – Anggota Komisi X DPR RI Lisda Hendrajoni menyebut tahun ini setidaknya puluhan ribu anak serta 750 mahasiswa Sumatera Barat akan menerima bantuan pendidikan PIP melalui Aspirasinya di Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.

“Alhamdulilah, tahun ini melalui aspirasi kami di Kemendikbud, puluhan ribu anak di Sumatra barat akan menerima bantuan PIP. Dari informasi yang kami terima, ini merupakan bantuan PIP pertama di Sumbar dalam kurun 3,5 tahun terakhir,” sebut Lisda kepada wartawan pada Kamis (30/3) lalu.

Politisi asal Sumatera Barat ini menjelaskan, PIP merupakan program bantuan dari kemendikbud yakni Program Indonesia Pintar, yang difungsikan guna perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah untuk peserta didikdan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.

Bacaan Lainnya

Anggota Fraksi Nasdem tersebut juga menegaskan, terdapat sejumlah kriteria peserta yang bisa mendapat bantuan atau mengikuti PIP diantaranya pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam atau musibah.

“Karena hanya 1 kali dalam setahun, Jadi nanti dana ini harus dimanfaatkan untuk kebutuhan sekolah bagi peserta didik penerima. Oleh karenanya, para orang tua juga harus bijak dalam penggunaannya,” pesan Lisda.

Saat ini menurut Lisda, proses penginputan data ke Kementrian sedang berlangsung dengan sasaran utama yakni peserta didik dengen pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin dengan pertimbangan khusus.

“Bersama tim dan juga instansi terkait,kita sedang melakukan penginputan data bagi peserta didik yang menerima PIP di Sumatera Barat. Semoga semua berjalan dengan baik dan lancar, sehingga Insha Allah pada April (tahun ini) sudah dapat dicairkan,” tutupnya. (R)

Pos terkait