Polres Sawahlunto Gelar Operasi Ketupat Singgalang 2023, Berikut Imbauan pada Pemudik

Sawahlunto | Topsumbar – Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti memimpin langsung pelaksanaan apel gelar operasi ketupat Singgalang tahun 2023. Moment ini digelar di lapangan apel Mako Polres, Senin 17 April 2023.

Sekdako Sawahlunto Ambun Kadri tampak hadir bersama jajaran Forkopimda, Waka Polres Kompol Asnomi Nanda, para Kabag, Kasat, Kapolsek, seluruh Perwira dan Bintara Jajaran Polres Sawahlunto.

Peserta apel terdiri dari pasukan TNI, personil Polres, Dishub, Satpol PP, Damkar, BPBD, Jasa raharja, PUPR dan Dinas Kesehatan. Serta Ormas masyarakat seperti Senkom.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Kapolres membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Apel ini digelar dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes hingga satuan kewilayahan. Kapolri dalam amanatnya mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2023.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan lebih optimal, melalui operasi ketupat yang digelar selama 14 hari, sejak 18 April sampai 01 Mei 2023.

Operasi ini telah diawali dengan kegiatan kepolisian rutin yang ditingkatkan (KRYD) tanggal 10-16 April dan akan dilanjutkan tanggal 2-9 Mei 2023. Operasi ketupat 2023 melibatkan 148.261 personil gabungan TNI-POLRI, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, dan Mitra Kamtibmas lainnya. Para personil nantinya akan menempati 2.787 Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos terpadu.

Untuk Operasi Ketupat Singgalang tahun 2023 di wilayah hukum Polres Sawahlunto, AKBP Purwanto mengatakan, Polres Sawahlunto mendirikan satu pos pengamanan yang terletak di Jalan Lintas Sumatera Desa Muaro Kalaban, dua Pos Pelayanan yang berlokasi di Lapangan Segi Tiga (Lapseg) dan di wilayah Kawasan objek wisata Kandih.

“Personil yang dilibatkan untuk kota ini berjumlah 400 orang, terdiri dari Personil Polres, TNI, Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, Dinas PUPR serta Organisasi Masyarakat terkait,” ungkapnya saat diwawancarai awak media.

Untuk menekan angka laka lantas AKBP Purwanto akan mengoptimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan Personil di lokasi rawan laka dan rawan macet dan sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait.
Lokasi rawan Laka lantas terdapat di wilayah jalan Lintas Sumatera di depan Koramil Muaro Kalaban karena akibat pengaspalan mengakibatkan jalan licin.

Langkah-langkah antisipasi sudah melakukan koordinasi dengan Dishub dan dinas PUPR Kota Sawahlunto. Imbauan bagi warga yang mudik agar mematuhi segala peraturan berlalu lintas, utamakan keselamatan dari pada kecepatan, pastikan rumah ditinggal dalam keadaan aman dan terkunci, titipkan kepada pihak RT/RW maupun ke tetangga terdekat. Apabila terasa kelelahan segera beristirahat di pos-pos kepolisian atau tempat peristirahatan yang aman dan nyaman. Jangan paksakan mengemudi karena akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang pastinya merugikan diri sendiri dan orang lain. Kebersamaan ini semoga dapat wujudkan mudik yang aman dan berkesan sampai pada arus balik,” imbau Kapolres.

(Rollys Koto)

Pos terkait