Masyarakat Keluhkan Aroma Sampah di Sejumlah Titik di Dharmasraya

Dharmasraya | Topsumbar – Masyarakat mulai kesal dan mengeluhkan aroma sejumlah tumpukan sampah pasca lebaran Idhul Fitri 1444 H di pinggir jalan raya Ibu kota Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Selasa (25/04/2023).

Dari pantauan media Topsumbar di beberapa titik, tumpukan sampah jenis kantong plastik, kardus dan kayu kering tersebut terlihat di dekat beberapa gedung dan fasilitas umum yakni di Jalan baru belakang Rumah Dinas Bupati, Jalan baru dekat Kantor Wali Sungai Kambuik, Jalan raya menuju Silago sebelum Kantor Alkal PU Jorong Muaro Mau serta Jalan baru belakang RSUD Sungai Dareh.

Bukan hanya di lokasi tersebut, tumpukan sampah juga terlihat di Jalan Lintas Sumatera depan Pasar Pulau Punjung. Diduga tumpukan sampah tersebut merupakan limbah rumah tangga, sampah pertokoan, dan limbah pasar.

Bacaan Lainnya
Salah satu titik lokasi tumpukan sampah di Jalan Baru belakang RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya, Selasa (25/04/2023). (Dok. Istimewa)
Salah satu titik lokasi tumpukan sampah di Jalan Baru belakang RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya, Selasa (25/04/2023). (Dok. Istimewa)

Dikutip dari akun pribadi Budi Waluyo yang menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dharmasraya, dirinya menulis “Kadis LH mengambil apel pagi pasukan oranye pada hari ke tiga sebelum mereka bergerak membersihkan Dharmasraya pasca lebaran” tulisnya.

Melalui unggahannya Budi Waluyo menjelaskan, “Pagi tadi tepat pukul 07.30 saya mengambil apel pasukan oranye. Dalam kesempatan tersebut saya didampingi Kabid Persampahan, limbah dan B3, Saisis, SH. Apel perdana pasca lebaran itu dilaksanakan di Pasar Pulau Punjung,” tulisnya.

“Saya terharu melihat kesungguhan dan pengabdian pasukan oranye yang berada di bawah panji Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Disaat yang lain masih menikmati liburan dan berlebaran, mereka rela menyingsingkan lengan baju untuk membersihkan sampah lebaran. Saya memberi semangat kepada mereka. Saya berpesan agar mereka tetap mengobarkan semangat dalam diri mereka masing masing. Apa yang mereka lakukan adalah bentuk pelayanan kepada masyarakat sekaligus ladang pengabdian sebagai warga Dharmasraya. Saya juga memberi penjelasan terkait prioritas yang harus dilakukan dalam membersihkan sampah di Dharmasraya. Sebab hal ini penting diketahui, karena antara jumlah petugas yang ada dibanding luas wilayah yang harus dibersihkan memang masih belum pas,” tulisan di akun media sosialnya.

“Semoga apel pagi pasca lebaran ini dapat menambah semangat dan motivasi mereka dalam memberikan layanan terbaik buat seluruh warga Dharmasraya, khususnya dalam kaitannya dengan persampahan,” katanya sembari menuliskan harapan.

Belum lama ini DLH juga menggagas sosialisasi lomba kebersihan tingkat kabupaten yang diikuti oleh seluruh Wali Nagari, Kepala OPD, dan seluruh kepala Puskesmas, Selasa (04/04/2023).

(Yanti)

Pos terkait