Warga IKIP Bermaafan Sambut Ramadhan 1444 Hijriyah

Sijunjung | Topsumbar – Warga Ikatan Keluarga Ipuh Permai (IKIP) Komplek Perumahan Sari Ipuh Permai, Jorong Pematang Sari Bulan, Nagari Muaro menyambut masuknya bulan suci Ramadhan 1444 H dengan makan bersama, tausiyah serta bermaafan di Masjid Baitul Makmur pada Senin (20/3).

Usai shalat Maghrib, semua jemaah mengikuti makan bersama dilanjutkan dengan shalat Isya dan mendengarkan tausiyah yang disampaikan Ustadz Jonika Amdodi dari Kabupaten Dharmasraya.

Pengurus Masjid Baitul Makmur H. Kepridaus, S.Ag dalam hantaran katanya menyampaikan, menjadi kebiasaan bagi warga kita sebelum memasuki bulan suci Ramadhan selalu mengadakan kegiatan seperti ini dalam rangka saling memaafkan.

Bacaan Lainnya

Akhirnya, H. Kepridaus, S.Ag yang juga mantan Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung periode 2004-2009 ini atas nama pribadi dan keluarga juga atas nama Pengurus Masjid Baitul Makmur meminta maaf kepada semua jema’ah dalam memasuki bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah nanti.

Ustadz Jonika Amdodi dalam tausiyahnya mengatakan, Ramadhan artinya pembakaran, justru itu sambutlah Ramadhan dengan taubat sebelum memasuki Ramadhan tersebut.

Taubat dimulai dengan shalat sunat taubat, dua rakaat dengan niat karena Allah, pada rakaat pertama baca ayat An-Nashr dan pada rakaat kedua boleh baca surat Al-Ikhlas sesudah Surah Al-Fatihah.

Kedua, taubat itu hiasilah lidah dengan istighfar atau sering membaca Istighfar kepada Allah dimanapun dan kapanpun juga dan keadaan bagaimanapun.

Berikutnya Jonika Amdodi dengan gaya kocaknya, menghimbau kaum ibu-ibu meminta maaf kepada suaminya masing masing, jangan sampai dengan orang yang jauh sudah dikirimkan ungkapan maaf melalui WA dan FB serta kepada para tamu yang datang lalu minta maaf, sementara kepada suami yang selalu dekat, belum juga minta maaf.

Anak-anak juga segera minta maaf kepada ibu dan bapak serta kakak-kakaknya, Ustadz Jonika Amdodi alias UJA yang dikenal sampai ke Muaro Bungo, Propinsi Jambi sekaligus pemilik channel youtube @JonikaAmdodiOfficial melanjutkan tausiyahnya.

Selain menyampaikan rukun puasa itu hanya dua, pertama niat dan kedua menahan, Jonika Amdodi juga menyampaikan cara mengantisipasi kelupaan berniat dalam setiap malam bulan Ramadhan, boleh dihari pertama itu sempurnakan niat puasa Ramadhan untuk satu bulan sekaligus, meskipun setiap hari akan tetap dilakukan juga, itu yang lebih baik, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut UJA juga menyampaikan masalah makan sahur dan tentang zakat fitrah yang dilakukan saat diakhir Ramadhan dan tausiyah ditutup dengan doa yang langsung dipimpin UJA.

Ketua IKIP SERMA Syahriman, SP bersama Pengurus Masjid Baitul Makmur H. Kepridaus, S.Ag dan Pimpinan Manajemen goparlement.com sekaligus wartawan senior Herman, S.Ag terlihat duduk berdampingan, usai pembacaan doa bersama, sesama jemaah saling bersalaman dengan mengucapkan mohon maaf satu sama lainnya. (AG/Herman).

Pos terkait