Suhatri Bur: Nyarai Berhasil Lolos Menjadi 75 Besar Desa Wisata Terbaik Tahun 2023

Suhatri Bur: Nyarai Berhasil Lolos Menjadi 75 Besar Desa Wisata Terbaik Tahun 2023

Padang Pariaman | Topsumbar – Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023 ulang digelar. Tahun ini Kabupaten Padang Pariaman ulang berhasil lolos dalam ADWI Tahun 2023 melalui utusan desa wisata terbaiknya yakni Desa Wisata Nyarai.

Diketahui, th. di awalnya Kabupaten Padang Pariaman juga berhasil masuk menjadi 50 desa wisata terbaik th. 2022 melalui Desa Wisata GTP Ulakan dan telah dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Saya mengemukakan rasa bangga saya terhadap usaha yang telah dilaksanakan oleh Pokdarwis dan Walinagari Salibutan Lubuak Alung di bawah binaan Disparpora Padang Pariaman dalam mengembangkan desa wisata Nyarai secara konsisten. Hasilnya sanggup kita memandang sekarang”, paham Suhatri Bur.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana sanggup disaksikan terhadap pengumuman 75 desa wisata terbaik th. 2023, Menparekraf Sandiaga Uno mengemukakan bahwa hasil ini telah melalui kurasi bertahap di mana berasal dari 7.275 desa, sebanyak 4.573 desa mendaftar terhadap Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023. Melalui kurasi berasal dari dewan juri terhadap kelengkapan knowledge terhadap aplikasi Jadesta Kemenparekraf, lolos 500 besar desa wisata di mana desa wisata Nyarai lolos terhadap step ini.

Berikutnya disaring menjadi 300 besar dan pada akhirnya disaring ulang menjadi 75 besar yang nantinya akan dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sebagai desa-desa wisata terbaik th. 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman, Muhammad Fadhly menyebutkan bahwa sebanyak 34 desa wisata di Kabupaten Padang Pariaman laksanakan pendaftaran untuk dikurasi terhadap aplikasi Jadesta (Jejaring Desa Wisata) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di mana aplikasi ini adalah sarana penilaian bagi 5 segi yang dinilai dalam ADWI th. 2023.

“Kelima segi itu adalah kekuatan tarik pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, Souvenir dan Kelembagaan Desa dan CHSE. Dan desa wisata Nyarai berhasil memenuhi kelima segi tersebut secara berkualitas”, terang Muhammad Fadhly.

Setelah melalui kurasi bertahap berasal dari dewan juri, pada akhirnya desa wisata Nyarai lolos menjadi 75 desa wisata terbaik th. 2023. Selanjutnya Disparpora Padang Pariaman akan bersiap memfasilitasi kunjungan penjurian yang akan dihadiri langsung oleh Menparekraf ke desa wisata Nyarai yang jadwalnya diperkirakan terhadap bulan April th. ini.

Muhammad Fadhly juga menyebutkan bahwa Disparpora Padang Pariaman tetap mendorong seluruh desa wisata untuk berbenah dimulai berasal dari nagari.

“Kita menghendaki tiap-tiap tahunnya terlihat desa-desa wisata berkwalitas yang dikelola bersama dengan baik oleh Pokdarwis setempat supaya berdampak terhadap peningkatan ekonomi pelaku desa wisata. tidak untuk penilaian saja, namun amat menggerakkan desa wisata untuk meningkatan pendapatan masyarakat selaku pelaku desa wisata” paham Muhammad Fadhly.

Ketua Pokdarwis desa wisata Nyarai Ritno Kurniawan menyebutkan bahwa ikut berbahagia th. ini desa wisata Nyarai berhasil lolos masuk 75 desa wisata terbaik terhadap ADWI th. 2023. “Kami amat berbahagia atas pencapaian ini dan bersiap untuk kunjungan Mas Menteri Parekraf bersama dengan Pak Walinagari dan Pokdarwis”, terang Ritno.

Bersama pemangku kepentingan di nagari, Ritno berhasil membangun desa wisata Nyarai sebagai ekowisata yang amat diminati oleh wisatawan nusantara dan mancanegara bersama dengan memenuhi bermacam segi desa wisata dan paket-paket wisata yang sanggup dicermati di situs formal desa wisata setempat yakni www.desawisatanyarai.com

Pos terkait