Persiapan Kegiatan Malokok Keluarga Bung Hatta, Bupati Lakukan Audiensi Bersama Gubernur

Persiapan Kegiatan Malokok Keluarga Bung Hatta, Bupati Lakukan Audiensi Bersama Gubernur

Padang | TopSumbar – Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo Bersama Masyarakat Batu Hampa Lakukan Audiensi Bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membahas persiapan Kegiatan Malokok keluarga Bung Hatta di Nagari Batu Hampa serta membahas persiapan kegiatan alek batagak panghulu di Batu Hampa, di kegubernuran, Padang, Kamis (9/3).

Dalam kegiatan tersebut Bupati tampak didampingi oleh beberapa kepala OPD dan Wali Nagari Batu Hampa, beserta tokoh masyarakat nagari tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan kepada Gubernur yang didampingi oleh kepala Dinas Kebudayaan bahwa Pemkab Limapuluh Kota bersama Nagari Batu Hampa akan melakukan kegiatan malokok kepada keluarga Bung Hatta di kampung halaman orang tuanya laki-laki Bung Hatta yakni di Batu Hampa.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, kegiatan malokok ini bertujuan untuk menyatukan keluarga Bung hatta kepada keturunan ayahnya di Nagari Batu Hampa.

“Kegiatan ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemkab Limapuluh Kota sebab nantinya akan menyambut keluarga Proklamator tersebut di Nagari Batu Hampa. Selain itu nantinya juga dilakukan prosesi adat batagak panghulu di Batu Hampa,”ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi menyambut baik dan mendukung kegiatan malakok keluarga Bung Hatta dan batagak panghulu du Batu Hampa tersebut.

Disamping itu, Ia juga menginginkan seluruh fakta sejarah yang ada di Minangkabau harus dilestarikan dan jaga.

“Dengan kegiatan ini kita juga selayaknya memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh sejarah di Minangkabau termasuk kepada Bung Hatta, serta mengungkapkan fakta sejarah yang ada di Sumatera Barat”,ujarnya.

Dirinya menjelaskan, jasa orang Minangkabau sangat besar dalam perjuangan kemerdekaan NKRI. Maka dari itu Ia berpesan untuk terus menjaga fakta sejarah yang ada di Ranah Minang.

Ditempat yang sama, Wali Nagari Batu Hampa, Asra Arafat sangat mengapresiasi perhatian Pemkab Limapuluh Kota dan Pemprov Sumbar kepada sejarah yang ada di Batu Hampa.

Ia melaporkan untuk persiapan kegiatan malokok dan alek tagak panghulu di Batu Hampa sudah hampir rampung.

Pos terkait