Pemko Sawahlunto Serahkan 1000 Bibit Ikan di Sumpahan Durian

Sawahlunto | Topsumbar – Sebagai tindak lanjut atas permohonan warga Kelurahan Durian I Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto yang memohon permintaan bantuan bibit ikan kepada Pemko, maka pada hari Jum’at 23 Maret 2023 sudah terealisasi.

Bibit ikan yang diberikan oleh Pemko jenis ikan rayo (ikan mas) sebanyak seribu ekor, disebar di bantaran anak kali Sumpahan. Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama jajaran Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto, mengantarkan langsung ke lokasi, permohonan kelompok nasyarakat tersebut sesuai dengan kapasitas kali untuk 1000 ekor bibit.

Secara kasat mata, bantaran anak kali Sumpahan Kelurahan Durian I ini bisa berpotensi untuk diberdayakan menjadi lokasi budidaya ikan, ucap Deri Asta.

Bacaan Lainnya

“Permohonan bantuan bibit ikan yang disampaikan warga setempat kepada kami, langsung kita setujui. Pada hari ini kita antarkan sebanyak seribu ekor bibit ikan yang diakomodir,” kata Deri Asta.

Namun Deri Asta berharap dan mengingatkan agar seluruh warga dapat saling menjaga dalam mengelolanya dengan baik, supaya manfaatnya benar-benar dapat dinikmati bersama. Wako mengarahkan agar betul-betul dijaga dan dikelola secara maksimal. Tentang sistem seperti apa yang disepakati, silahkan dimusyawarahkan bersama.

Heni Purwaningsih, selaku Kadis DKP3 Sawahlunto menerangkan bahwa angka produksi ikan untuk kota ini tercatat masih di bawah angka konsumsi. Suplay kebutuhan ikan dalam kota belum terpenuhi oleh pembudidayaan ikan saat ini.

Sikon tersebut memberi signal dan peluang besar bagi pengusaha di bidang perikanan. Secara terus menerus, Pemko akan selalu mendorong masyarakat, agar mengambil peluang yang ada.

Menurut Kadis terhitung sampai Maret 2023 ini, DKP3 Sawahlunto sudah menyebarkan bantuan bibit ikan, sebanyak 50 ribu ekor, kepada warga masyarakat dari target 350 ribu ekor bibit yang ditetapkan. Sedangkan pada tahun 2022 lalu, telah menyerahkan bibit ikan dengan total 235 ribu. Demikian Heni Purwaningsih memaparkan

(Rollys Koto)

Pos terkait