Mahasiswa Politani Pertanyakan Dua Tahun Kepemimpinan Safari

Limapuluh Kota | Topsumbar – Ratusan mahasiswa Politani Payakumbuh melakukan aksi demo didepan kantor Bupati Limapuluh Kota mempertanyakan kinerja kepemimpinan Bupati Safaruddin dt Bandaro Rajo bersama Wakilnya Rizki Kurniawan Nakasri yang telah berjalan selama dua tahun, kamis (16/3).

Dalam aksi demo tersebut mahasiswa Politani disambut langsung oleh Bupati Safaruddin didampingi oleh beberapa OPD dan anggota DPRD Limapuluh Kota, Khairul Apit, Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Richardo Codrat Yusuf dengan kawalan ketat oleh anggota Polres Limapuluh Kota dan anggota Satpol PP.

Dalam orasinya mahasiswa menyampaikan beberapa poin kepada Bupati diantaranya mempertanyakan hubungan disharmonisasi Bupati dan Wakil Bupati. Pasalnya, setelah dilantik menjadi kepala daerah, kedua putra terbaik di Limapuluh Kota tersebut hanya tampak berjalan seiring sejalan cuma hitungan bulan saja.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, para mahasiswa juga mempertanyakan visi misi Bupati dan wakilnya di sektor pertanian, dimana dalam visi misinya Bupati berjanji akan membuka 20.000 herketar lahan jagung, namun sampai saat ini kenyataannya selama dua tahun kepemimpinannya baru terealisasi sebanyak beberapa ribu hektare saja.

Seterusnya, mahasiswa menuntut Pemkab Limapuluh Kota untuk menjalankan komitmennya menjalankan program menghasilkan 20 juta bibit ikan/bulan.

Selain itu, mahasiswa menuntut Pemkab Limapuluh Kota untuk mencarikan solusi masalah kelangkaan pupuk di Limapuluh Kota dan melakukan identifikasi serta mendata penerima pupuk subsidi secara akurat sehingga bantuan pupuk subsidi akan tepat sasaran.

Masiswa juga mempertanyakan sampai mana progres pembangunan IKK (Ibu Kota Kabupaten).

Terakhir, mahasiswa juga menuntut Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk menstabilkan harga tanaman sayuran dan perkebunan dan membentuk koperasi dibidang pertanian.

Dengan lambatnya progres pencapaian visi-misi Safaruddin-Rizki dalam pembangunan daerah, para mahasiswa ragu apakah visi misi tersebut dapat terealisasi secara penuh dan selesai hingga 2024 mendatang.

Menanggapi beberapa poin tuntutan mahasiswa tersebut Bupati Safaruddin mengatakan telah menjalankan visi misi tersebut dan sesuai dengan RPJMD.

“Visi misi ini telah banyak kita jalankan dan sesuai dengan RPJMD. Saya mengucapkan terimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah menyampaikan aspirasinya secara langsung,” ujar Safaruddin.

Terkait hubungannya dengan wakil bupati, Safaruddin mengatakan hubungannya dengan wakil bupati masih baik-baik saja, namun saat ditanyakan keberadaan wakil bupati, Ia mengaku juga tidak tahu dimana keberadaan wakilnya tersebut.(*)

Pos terkait