Kunjungi Masjid Agung Nurul Islam, Pemko Sawahlunto Serahkan Bantuan Rp10 Juta

Sawahlunto | Topsumbar – Kunjungan Tim X Safari Ramadan Kota Sawahlunto pada malam pertama (Sabtu, 25/3/2023) di Masjid Agung Nurul Islam, dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Hilmed dengan beberapa orang anggota tim. Ketua sehabis salat isya menyampaikan pidato dan program kota yang sudah dicapai, sedang berjalan serta planning ke depan.

Perkembangan Rumah Tahfidz sejak 2019 s/d 2023 sudah mencapai 53 Rumah Tahfidz di 4 Kecamatan. Peningkatan kesejahteraan bagi Guru TPQ, imam Masjid, Muazin, Garin, penyelenggara jenazah, dan Guru Tahfidz sebanyak 681 orang. Selain bantuan BPJS, penghargaan bagi murid-murid SD yang hafal Al-Quran satu juz dan pada juara MTQ Tingkat Provinsi Sumbar, sejak tahun 2022 lalu sudah dilakukan pelatihan 74 orang guru tahfidz.

Dari sektor kesejahteraan dan ekonomi masyarakat tingkat kemiskinan dari 514 Kab/Kota se Indonesia 2,38% tahun 2021 dan 2,28% tahun 2022. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari angka 72 tahun 2021 naik ke 73,63 tahun 2022 melampaui IPM Sumbar yang di angka 73,26.

Bacaan Lainnya

Pada sektor Balai Latihan Kerja (BLK) Pemko gesit lakukan pelatihan dan formatur yang lulus sebanyak 368 orang. Untuk penunjang usaha sudah berdiri UPTD dengan bergulir, sampai tahun 2022 telah tersalurkan dana Rp2,141 Miliar kepada 138 nasabah. Selain itu sudah terlaksana bantuan ternak bibit ikan, tanaman kepada masyarakat dan sangat menunjang ekonomi mereka. Segala bentuk program Pemko yang sudah dan yang lagi berjalan maupun rencana ke depan disampaikan oleh Ketua Tim X kepada jamaah.

Stunting cukup signifikan dapat ditekan, sehingga mencapai di bawah target nasional. Penerimaan piala Adipura 3 kali berturut-turut, karena selain kota bersih juga tatanan yang teratur baik di sektor objek wisata maupun di sekitar pusat kota ini, termasuk 37 Desa/Kelurahan yang tersebar di 4 Kecamatan.

Visi dan Misi Deri Asta-Zohirin Sayuti selaku Walikota dan Wakil Walikota, sangat membawa masyarakat merasakan hidup dan kehidupan semakin baik. Intinya pembangunan Kota Sawahlunto sudah menyentuh pada multi sektor dalam mensejahterakan masyarakat.

Pada kunjungan Tim X Safari Ramadan, Ketua Tim X memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp10 juta serta bingkisan bagi imam tetap, garim dan muazin. Tim X Safari Ramadan pada malam pertama terdiri dari Hilmed (Ketua), Benny Deswin (Sekretaris), Yudaskar, Arfizon, Famil Umri, Dausri (anggota), dan wartawan media ini.

Misi kunjungan malam kedua Tim X mendatangi Masjid Nurul Ikhlas Kelurahan Tanah Lapang Minggu, 26 Maret 2023 dengan memberikan bantuan yang sama.

(Rolly Koto)

Pos terkait