Diskominfotik Gelar Bimtek Jurnalistik, Ini Harapan untuk Jurnalis di Sumbar

Padang | Topsumbar – Dinas Kominfotik Provinsi Sumatera Barat menggelar bimbingan teknis peningkatan kapasitas jurnalistik bagi awak media di Provinsi Sumatera Barat, Selasa (28/03/2023). Kegiatan bimtek tersebut dianggarkan melalui dana pokok pikiran H. Muhamad Ridwan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Wilayah Sumbar II (Kota Pariaman & Kabupaten Padang Pariaman) Fraksi PKS.

Acara bimtek tersebut dihadiri oleh 56 wartawan dari berbagai media cetak, online maupun elektronik. Acara bimtek dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, dalam kata sambutannya Gubernur Sumatera Barat mengapresiasi kegiatan yang digelar Diskominfotik provinsi tersebut.

“Melalui acara ini diharapkan masyarakat akan dicerdaskan dengan pemberitaan. Dimana peran medialah untuk memberikan kecerdasan-kecerdasan pada masyarakat Sumatera Barat ini,” ucap Gubernur.

Bacaan Lainnya

Melalui acara itu juga Mahyeldi Ansharullah juga membeberkan pemerintah provinsi saat ini terus berupaya untuk transparan dalam penggunaan anggaran.

“Melalui Dasbor Pembangunan Sumatera Barat, masyarakat bisa mengakses langsung setiap harinya terkait pemakaian anggaran oleh pemerintah provinsi,” ungkap Gubernur Sumatera Barat.

Sementara, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar yang juga menjadi mentor diacara bimtek tersebut berharap awak media yang hadir bisa menjadi sosok pers yang ideal. Dimana Ketua PWI yang akrab disapa BB tersebut menilai kriteria insan pers ideal itu adalah wartawan yang mentaati kode etik jurnalistik, berperilaku sesuai dengan tatanan kehidupan sosial masyarakat, dan masih banyak lagi hal-hal yang sudah diatur oleh Dewan Pers.

Menurut informasi, acara bimtek peningkatan kapasitas jurnalistik awak media ini di kelompokkan menjadi tiga tim, masing-masing tim mengikuti bimtek selama tiga hari.

(Yanti)

Pos terkait