Bupati Pessel Hadiri Grand Opening Usaha Peternakan Ayam di Lengayang

Pesisirselatan | Topsumbar – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menghadiri Grand Opening Usaha Peternakan Ayam dengan sistem Blower di Lubuk Begalung Lakitan Kecamatan Lengayang. Sabtu (18/03)

Lakitan Farm merupakan salah satu usaha peternakan ayam potong yang menggunakan teknologi modern dan salah satu kandang modern yang ada di Sumatera Barat yang terletak di Nagari Lakitan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Turut dihadiri, oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Yozki Wandri, Kepala Dinas Pertanian Madrianto, Perwakilan PT. Petro Kimia, PT. KSM, PT Rajawali, Wali Nagari, Bamus, tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dendi ilham, SE. Selaku Pemilik Lakitan Farm mengatakan Lakitan Farm ini merupakan peternakan yang berbasis terbarukan, sistem yang ada dipertenakan ini sering digunakan oleh negara-negara maju yaitu menggunakan sistem Otomatis.

“Dan itu yang kita ilmplementasikan di kampung kita pak, artinya satu-satunya peternakan menggunakan teknologi terbaru ada di Pesisir Selatan,” ungkapnya.

Lanjutnya, Nilai kotorannya itu bisa mempunyai nilai ekonomis yang baik, dengan kotoran ini karena nilai mikrobanya sangat bermanfaat untuk tanaman karena kita tidak memakai fram.

Ia berharap, mudah-mudahan kita bisa berkolaborasi dengan pemerintahan daerah untuk pengolahan kotoran ini.

Sementara itu, Bupati Rusma Yul Anwar mengapresiasi anak muda Pesisir Selatan yang telah memberanikan diri membangun usaha peternakan ayam secara modern yang bernama Lakitan farm.

“Anak muda ini telah melaksanakan apa yang ia dapatkan di rantau lalu di implentasikan untuk kemajuan kampung dan nagari, itu yang luarbiasa,” ungkap bupati Rusma Yul Anwar

Bupati mengatakan Pemerintah daerah senantiasa mewujudkan masyarakat Pesisir Selatan yang lebih sejahtera, lebih maju dan lebih bermartabat.

“Upaya pemerintah dilakukan melalui berbagai program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah dan membuka peluang investasi oleh swasta dan masyarakat,” kata Bupati

Manakala kondisi keuangan daerah yang semakin terbatas, akibat pengetatan ketentuan dari pusat yang mengatur penggunaan keuangan daerah secara rigid sehingga peluang daerah untuk berkreasi mengatur prioritas pembangunan pun semakin sempit. Harapan kami untuk tumbuhnya sektor swasta tentu semakin besar.

Bupati Rusma Yul Anwar melanjutkan Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah daerah tentu berupaya membuat regulasi yang lebih mudah, Dalam rangka mendorong berkembangnya iklim investasi yang lebih baik di daerah, sehingga munculnya pengusaha-pengusaha yang mau berinvestasi di Pesisir Selatan.

“Melalui investasi ini akan membuka lapangan kerja dan meningkatkan jumlah uang yang berputar di masyarakat. Dengan demikian, tentu akan mampu mengungkit pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan memberikan multi player effect yang lebih besar kepada kesejahteraan masyarakat,” katanya

Bupati Rusma Yul Anwar gembira sekaligus bersyukur, karena telah muncul investasi di peternakan ayam modern. Semoga ini bisa menjadi pengungkit kemajuan dunia peternakan Kabupaten Pesisir Selatan dan pertanian secara keseluruhan.

“Semoga usaha peternakan ayam potong ini terus berkembang termasuk usaha-usaha turunannya seperti pengolahan kotoran ayam menjadi pupuk organik,”katanya

Pupuk anorganik semakin mahal yang mengakibatkan biaya operasional usaha pertanian semakin tinggi, maka muncul peluang usaha pengembangan pupuk organik. Disini bahan bakunya sudah tersedia sepanjang waktu, tinggal selangkah lagi untuk menghasilkan pupuk organik tersebut.

Bupati berharap kepada perusahaan Inti PT. KSM yang sudah mendorong kemajuan peternakan di Kabupaten Pesisir Selatan dan berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan lebih dari pada itu kolaborasi dengan pemerintah daerah saya harapkan juga terjalin dalam rangka mendorong kemajuan dunia pertanian yang lebih luas. (RD)

Pos terkait