Sah, Kota Lubuk Basung Agam Raih Piala Adipura 2022

Agam | Topsumbar- Kota Lubuk Basung, ibu kota Kabupaten Agam dipastikan sah raih piala Adipura tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Kepastian tersebut juga dibenarkan Kepala Dinas Kominfo Agam, Rahmad Lasmono yang mengatakan piala Adipura tahun 2022 akan diterima Kabupaten Agam pada tanggal 28 Februari 2023 mendatang.

“Benar, piala Adipura itu akan diterima kabupaten Agam pada tanggal 28 Februari 2023 mendatang,” ujarnya dihubungi Topsumbar.co.id, Kamis (23/2/2023).

Bacaan Lainnya

Melansir laman AMCNews, Kamis (23/2/2023), disebutkan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menetapkan Kota Lubuk Basung sebagai salah satu daerah peraih penghargaan dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Agam, Arif Restu menyebut tahun 2022 lalu Kabupaten Agam mengajukan diri sebagai salah satu penerima Adipura.

Keyakinan ini menguat setelah menyulap 83 persen wilayah ibukota sebagai kawasan asri.

“Optimisme ini akhirnya membuahkan hasil, berdasarkan penjurian KLHK RI disimpulkan bahwa Lubuk Basung yang notabene Ibukota Kabupaten Agam dinilai layak menerima piala Adipura,” ujarnya.

Diungkapkan, sejak ditetapkan perpindahan ibu kota ke Lubuk Basung pada 19 Juli 1993 silam, penghargaan yang akan diterima pada 28 Februari mendatang menjadi Adipura perdana bagi Kabupaten Agam.

“Tentunya ini menjadi kebahagian bagi masyarakat Agam, usaha panjang kita akhirnya berbuah manis. Adipura ini telah memposisikan daerah kita sejajar dengan kota-kota bersih lainnya di Indonesia,” tuturnya.

Bupati Agam, Andri Warman, menyebut atas prestasi yang diraih dan bersejarah itu merupakan keberhasilan pemerintah daerah bersama seluruh masyarakat.

Menurut bupati, tanpa dukungan dari masyarakat, mustahil pemerintah daerah bisa memboyong penghargaan bergengsi tingkat nasional itu.

“Apresiasi setinggi- tingginya patut kita haturkan kepada petugas kebersihan dan masyarakat yang tidak kenal lelah mewujudkan Lubuk Basung yang asri, bersih dan indah,” ucapnya.

Selanjutnya, Bupati Andri Warman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan hidup. Harapan yang sama juga disampaikan kepada seluruh stakeholder terkait.

Piala Adipura ini sebut bupati, diharapkan menjadi titik berangkat bagi pemangku kepentingan untuk meningkatkan kawasan yang sehat dan bersih. Sehingga, tahun depan Piala Adipura kembali bisa diboyong ke Kabupaten Agam.

“Kita targetkan, Piala Adipura diraih tiga kali berturut-turut, sehingga kita bisa mencalonkan Lubuk Basung sebagai salah satu kota penerima Adipura Kencana, penghargaan tertinggi lingkungan hidup,” tegasnya optimis.

Adapun kepastian Agam meraih piala Adipura, seperti dikutip dari AMCNews, juga berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor: UN. 12/ PSLPSLB3/PAS/PLBPLB.02/2023,  prihal undangan penyerahan penghargaan anugerah Adipura 2022.

Anugerah Adipura itu akan diserahkan pada Selasa 28 Februari 2023 di Auditorium Dr Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

(AL)

Pos terkait