IMPP Jakarta Adakan Pengajian Rutin dan Agenda Rang Padang Panjang Baralek Gadang

Nasional | Topsumbar- Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP) Jakarta dan Sekitarnya kembali mengadakan kegiatan pengajian pada Sabtu 4 Februari 2023.

Selain dihadiri jajaran pengurus inti juga hadir beberapa orang pembina, penasehat, dan bundo kanduang serta dihadiri lebih kurang 200 orang masyarakat Padang Panjang di Jakarta dan Sekitarnya.

Menurut Sekjend IMPP Jakarta dan Sekitarnya, Linda Sari, kali ini pengajian digelar di Masjid Al Ittihad, Jalan Tebet Mas Indah I No. 8, Tebet, Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

“Pengajian yang dihadiri ratusan masyarakat Padang Panjang di Jakarta dan sekitarnya menampilkan penceramah Ustadz Rizki Nasution,” ujar Linda Sari dalam keterangan tertulisnya diterima Topsumbar.co.id, Minggu (5/2/2023).

Linda juga menerangkan, sebelum pengajian di mulai, Ketua Umum IMPP Jakarta dan Sekitarnya, Nasrul Naga dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas besarnya animo masyarakat Padang Panjang di rantau untuk menghadiri pengajian rutin IMPP.

“Ini adalah pengajian rutin ke-3 IMPP setelah beberapa tahun terhenti karena pandemi Covid-19,” terang Nasrul Naga.

“Pengajian selanjutnya akan kita gelar di bulan April 2023 bertepatan dengan bulan ramadhan. Insyaallah nanti IMPP akan mengemasnya menjadi acara buka bersama,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Nasrul Naga juga mengajak masyarakat Padang Panjang di rantau dan di kampung halaman untuk menghadiri pengukuhan Pengurus IMPP Jakarta dan Sekitarnya Periode 2022-2027 yang acaranya dikemas dengan tajuk ‘Rang Padang Panjang Baralek Gadang’ bertempat di Balai Prajurit Marinir, Jakarta Selatan.

“Mohon kehadiran dan mengajak masyarakat Padang Panjang di rantau pada hari Minggu, 26 Februari 2023 nanti di “Rang Padang Panjang Baralek Gadang”, acara pengukuhan Pengurus IMPP Jakarta dan Sekitarnya Periode 2022-2027 dan silaturahmi Rang Padang Panjang,” ajak Nasrul Naga.

Adapun ringkasan pengajian oleh Ustadz Rizki Nasution dalam ceramahnya mengangkat tema Keluarga.

Diawal ceramahnya, Ustadz Rizki Nasution melafazkan satu ayat Al-Quran yang artinya “Sesungguhnya orang mukmin yang paling mulia adalah yang baik akhlaknya”.

Lanjut ia menerangkan tentang masuk surga dan masuk neraka.

“Masuk surga karena ketaqwaan kepada Allah SWT dan akhlah yang baik.  Sedangkan masuk neraka karena lisan dan kemaluan,” terangnya.

Kemudian perihal kedudukan yang dekat dengan Rasulullah, dijelaskan Ustadz Rizki Nasution adalah yang baik akhlaknya, antara lain ; menjaga lisan, menjaga tetangga dan memuliakan tamu.

“Ajarkan keluarga untuk beradab, berakhlak dan bersyariat,” ujarnya.

Dibagian akhir ceramahnya, Ustadz Rizki Nasution menjelaskan tentang orang yang tidak akan mencium surga.

“Pencandu minumam keras, Al Aqaq yaitu durhaka pada orang tua, dan Ad Djauz yaitu seorang ayah/suami yang diam melihat keluarganya maksiat,” jelas Ustadz Rizki.

Pada bagian akhir keterangan tertulisnya, Linda menyampaikan rapat panitia pelaksana (Panpel) Rang Padang Panjang Baralek Gadang menetapkan tema membahas presentasi masing –masing seksi dan menetapkan RAB masing-masing seksi.

(Alfian YN)

Pos terkait