5 Jam Tertutup Longsor, Jalan Lintas Lembah Anai  Sudah Bisa Dilewati Kendaraan

Padang Panjang | Topsumbar- Setelah 5 (lima) jam tertutup material longsor, akhirnya jalan lintas lembah Anai yang menghubungkan Padang-Padang Panjang sudah bisa dilewati kendaraan.

Menurut Paur PDM Humas polres Padang Panjang, Bripka Ciputra yang berada di lokasi dan turut bahu membahu membersihkan material longsoran, jalan sudah bisa dilewati, namun masih buka tutup.

“Sudah bisa dilewati, namun masih buka tutup,” ujar Bripka Ciputra dihubungi Topsumbar.co.id, Selasa (21/2/2023) sore.

Sebelumnya, Selasa siang tadi wilayah Kota Padang Panjang dan Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar diguyur hhujan lebat.

Dari pantauan Topsumbar-.co.id , hujan lebat tersebut mengakibatkan aliran air sungai batang Anai meluap dan melumpuhkan sejumlah tempat wisata pemandian disepanjang lembah Anai.

Hujan lebat juga mengakibatkan air terjun Lembah Anai meluber ke jalan raya.

Selain itu, hujan lebat juga mengakibatkan dinding bukit di dekat jembatan kembar Silang Bawah, lembah Anai, longsor.

Material longsorannya menutupi badan jalan yang mengakibatkan jalan lintas lembah Anai macet total.

Kasubid Kedaruratan BPBD kota Padang Panjang, Ireli Sofa dihubungi Topsumbar.co.id,  mengatakan hujan lebat yang mengguyur wilayah kota Padang Panjang dan kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar pukul 12:00 – 15:00 WIB mengakibatkan longsor pada 3 (tiga) titik jalan nasional di lembah Anai, jalan yang menghubungkan Padang Panjang – Padang.

“Lokasi tanah longsor di lembah Anai itu masuk wilayah Jorong Aia Mancua, Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, material longsor mengakibatkan badan jalan tertutup total dan melumpuhkan arus lalu lintas kenderaan selama hampir 5 jam.

“Pembersihan material longsor dilakukan tim gabungan dari BPBD Padang Panjang, Balai jalan, Damkar Padang Panjang, TNI, Polri dan masyarakat ,” jelasnya.

“Setelah bahu membahu, sekitar pukul 17:30 WIB akhirnya jalan bisa di buka dan bisa di lalui kendaraan dengan buka tutup,” pungkasnya.

(Alfian YN)