Rektor UIN Riau Beri Motivasi Guru Perguruan Thawalib Padang Panjang

Padang Panjang | Topsumbar – Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau Prof. Dr. Khairunnas Radjab memberikan motivasi kepada seluruh majelis guru Perguruan Thawalib Padang Panjang dengan mendorong agar terus mencerdaskan para santri melalui proses belajar mengajar.

“Perguruan Thawalib sebagai pesantren tertua memiliki pesan yang strategis dalam mencerdaskan anak bangsa, ” ujar Khairunnas Radjab.

Rektor UIN Suska Riau tersebut yang juga alumni Perguruan Thawalib khusus datang dan memberikan motivasi kepada seluruh majelis guru Perguruan Thawalib Jumat (27/1/2023).

Bacaan Lainnya

Di hadapan majelis guru, Khairunnas Radjab menyampaikan bahwa para guru di Perguruan Thawalib memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepribadian santri melalui proses belajar mengajar.

Untuk itu, keberadaan guru harus terus menerus meningkatkan kapasitas diri termasuk dalam pengetahuan. Sehingga dalam mengajar para santri dapat mentransfer ilmu pengetahuan dengan baik.

“Salah satu kunci keberhasilan guru dalam mengajarkan para santri sehingga santri mudah menerima pembelajaran adalah guru mengajar dengan ikhlas, ” katanya.

Khusus untuk para guru guru di Perguruan Thawalib telah memiliki modal yang kuat dengan keberadaan Perguruan Thawalib yang terbukti telah melahirkan banyak alumni bukan saja di berbagai daerah di Indonesia tapi sampai ke luar negeri.

“Peguruan Thawalib yang usianya lebih satu abad telah melahirkan para alumni di seluruh Indonesia dan luar negeri dengan beraneka ragam profesi, ” jelasnya.

Untuk itu, Khairunnas Radjab berpesan agar para guru tetap mengenal diri dengan baik serta menyesuaikan proses mengajar dengan keadaan sekarang.

*Alumni Thawalib*

Sementara Sekretaris Yayasan Thawalib Irwan Natsir menjelaskan kehadiran Rektor UIN Suska Riau tersebut memberikan motivasi dengan tajuk “Penguatan Capacity Building Majelis Guru” merupakan kegiatan yang diadakan untuk terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas majelis guru Perguruan Thawalib.

“Prof. Khairunnas Radjab sengaja diundang ke Padang Panjang untuk berbagai dengan majelis guru dalam upaya penguatan capacity building, ” katanya.

Selain itu, karena sebagai alumni Perguruan Thawalib, kegiatan motivasi tersebut juga sebagai keterlibatan para alumni Thawalib ikut sumbang pemikiran.

“Prof Khairunnas Radjab salah seorang alumni Perguruan Thawalib ikut berkontribusi dalam memberikan sumbangan pemikiran maupun pengetahuan terhadap almamater Perguruan Thawalib, ” kata Irwan Natsir.

Kegiatan motivasi yang disampaikan Khairunnas Radjab diikuti oleh majelis guru Perguruan Thawalib di semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD-RAA, MIUT, MTs dan KUI Putra dan Putri.

(AL)

Pos terkait