Pengurus DPD HPI Sumbar Dilantik

Padang | Topsumbar – Gubernur Sumbar diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wardarusmen bersama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi menyaksikan pelantikan pengurus DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia Sumatera Barat (HPI) 2022-2027 oleh Ketua Umum DPP HPI Imam Widodo pada Rabu (11/1).

Pengurus yang dilantik berjumlah 33 orang yang terdiri dari beberapa biro/bidang dengan susunan kepengurusan sebagai berikut, Pelindung : Gubernur Sumatera Barat, Pembina : Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera Barat, Penasehat : H. Asnawi Bahar, H. Ian Hanafiah.

Selanjutnya Dewan Pengawas : Drs. Efrijon, Syahirdin dan Budiman, Dewan Kode Etik : Eddi Novra. SST. Par., M.Par, dan Didit Supriadi.

Bacaan Lainnya

Sedangkan Ketua DPD HPI Sumbar adalah: Edward Ardy,
Wakil Ketua 1 : Hendri Chaniago, Wakil Ketua 2 : Zulkifli, Sekretaris : Moch. Abdi,
Wakil Sekretaris : Rusydi Fitrianda, Bendahara: Muhammad Syafei, Wakil Bendahara : Dody Rahman, Sekretaris Eksekutif : Zilbasariko.

Selanjutnya Biro Organisasi dan Keanggotaan Ketua : Alfian, Anggota: Andra Usmanedi, Musmar Jayakin, Ilham Wijaya.

Pada Biro Pengembangan SDM Ketua: Erizon Sony, Anggota: Etna Maulida. STr. Par, Derino, Benny Satria dan Putri Rahmasari.

Kemudian ada juga Biro Minat Khusus Ketua: Robi Zandriko, Anggota: Feri Candra, Alri Yanto dan Ridwan.

Selanjutnya Biro Advokasi Ketua: Nasrul, Anggota: Rafles Anwar, Jefri Kelana dan Eko Saputra.

Biro Bahasa Asing Ketua: Susilowati, Anggota: Zufnal Indra dan Fransiskus.

Biro Humas dan Dokumentasi
Ketua: Dodi Syukri, Anggota: Jho Parianto, Muhammad Subari, Fauzi, Ika Alusi.

Dalam sambutannya Gubernur mengharapkan HPI Sumatera Barat menjadi ujung tombak dalam menghadapi tahun kunjungan wisata 2023 di Sumatera Barat baik dalam hospitality, kepemanduan dan sapta pesona sehingga para tamu merasa nyaman dan senang berwisata di Sumatera Barat.

Setelah dilakukan pelantikan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Daerah yang membahas program kerja dari masing-masing biro untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Ketua DPP HPI Imam Widodo mengapresiasi terlaksananya pelantikan dan rapat kerja DPD HPI Sumbar kali ini.

Ketua DPP HPI yang sebelumnya juga pernah menjadi Ketua DPD HPI Yogyakarta berharap dengan dicabutnya Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat perekonomian kian membaik.

“Pramuwisata adalah garda terdepan yang menentukan baik atau buruknya destinasi wisata” ujar Ketua DPP HPI Imam Widodo yang baru menjabat sejak 27 Januari 2022 lalu melalui Munas VII di Jakarta.

Secara struktur, HPI yang didirikan pada 5 Oktober 1988 di Palembang ini memiliki DPD di tingkat propinsi.

Di tingkat kabupaten terdapat pula Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

Tujuan utama organisasi ini yaitu untuk mengikat, memastikan dan mempromosikan para pemandu wisata diakui sebagai duta negara. (AG)

Pos terkait