Basril Basyar Dilantik Sebagai Ketua PWI Sumbar, Ini Profilnya

Sumatera Barat | Topsumbar – Basril Basyar dilantik sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatra Barat periode 2022-2027 oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari di PCC hotel Truntum Padang, Jumat (13/1/2023) kemaren.

Prosesi pelantikan dihadiri, Gubernur Sumbar Buya H. Mahyeldi Ansharullah, Ketua Dewan Penasehat PWI Pusat Fahri Muhammad, Ketua Bidang Organisasi Zulkifli Gani Ottoh dan Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Pusat Oktafriadi, serta mantan Plt Ketua PWI, Suprapto.

Dilantiknya Basril Basyar sebagai Ketua PWI Sumbar tidak terlepas dari hasil perolehan suara tertinggi yang diraihnya pada Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Sumbar 23 Juli 2022 lalu.

Bacaan Lainnya

Saat itu, dari total 179 suara pemilih, Basril Basyar berhasil memperoleh 123 suara.

Terpilihnya Basril Basyar sempat menuai polemik karena statusnya sebagai ASN.

Bahkan beberapa hari sebelum pelantikan Ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI Ilham Bintang,
melayangkan surat penolakan keputusan rapat pleno atas penetapan Basril Basyar yang akan dilantik sebagai Ketua PWI Sumbar.

Surat penolakan itu ditujukan kepada Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari pada Senin (9/1/2023), dengan registrasi Nomor : 49/DK-PWI/I/2023.

“Rapat DK-PWI memutuskan menolak keputusan PH PWI terkait dengan akan dilantiknya Sdr Basril Basyar sebagai Ketua PWI Sumbar Periode 2022 – 2027,” tulis surat tersebut.

Adapun alasan penolakan DK PWI di antaranya Pertama, DK PWI memberikan sanksi pemberhentian Sdr Basril Basyar dari keanggotaan PWI terhitung sejak tanggal 6 Januari karena sampai saat ini, setelah diberikan waktu 6 bulan mengurus pengunduran dirinya sebagai PNS, ternyata yang bersangkutan masih berstatus PNS.

“Dengan demikian tidak dapat dilantik sebagai Ketua PWI Sumbar periode 2022 – 2027 sebagaimana pengurus harian putuskan melalui SK PH PWI Pusat Nomor: 360-PLP/PP-PWl/2022,” tegas DK-PWI dalam surat tersebut.

Menanggapi terkait pelantikan Basril Basyar, Ketua Dewan Penasehat PWI Pusat Fachry Mohamad mengatakan bahwa semua proses terkait Konferensi Provinsi PWI Sumatera Barat dan hasil pemilihan yang dilakukan seluruh anggota biasa PWI dari 19 kabupaten dan kota se Sumatera Barat pada Juli 2022 lalu sudah selesai.

“Secara lembaga hasil pemilihan Calon Ketua PWI Sumatera Barat juga sudah ada dan telah diputuskan melalui rapat pengurus lengkap PWI Pusat,” kata Fachry yang turut hadir dalam pelantikan Basril Basyar.

Sementara itu Ketua PWI Sumbar Basril Basyar mengucapkan terima kasih semua pihak yang berupaya membawa PWI Sumbar lebih baik untuk masa mendatang.

“Kemarin ada riak itu biasa dalam organisasi, semua itu ada hikmahnya. Biduak lalu kiambang batauik. Mari kita bersama-sama membangun PWI lebih baik lagi. Yang lalu biarlah berlalu, mari kita bersama-sama menatap ke depan,” kata dia.

Basril Basyar yang juga Pemred Mingguan Rakyat Sumbar ini mengatakan akan berupaya untuk membuat PWI lebih banyak lagi berkarya dan berperan dalam pembangunan daerah.

Lalu siapa sosok Basril Basyar?, demikian pertanyaan dari sejumlah pesan masuk ke gawai Topsumbar.co.id.

Menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini Topsumbar.co.id nukilkan sekilas profil Basril Basyar.

Basril Basyar bukanlah orang asing atau orang baru di ranah ptofesi wartawan khususnya dilingkup organisasi PWI Sumbar.

Dikutip Topsumbar.co.id dari laman Wikipedia, Basril Basyar, lengkapnya Ir. Basril Basyar, MM (lahir 7 April 1959) adalah seorang wartawan dan pengajar Indonesia.

Basril Basyar dari tahun 1980 hingga 1988 berkarier sebagai wartawan Harian Singgalang, Sumatera Barat

Ia dipercaya sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatra Barat selama dua periode, dari tahun 2007 hingga 2011 dan 2011 sampai 2015.

Basril Basyar peraih Magister Manajemen dari Universitas Andalas pada tahun 2001 pernah menjabat Komisaris PT Semen Padang tahun 2011, dan terpilih kembali untuk periode kedua pada RUPS PT Semen Padang pada 6 April 2015.

Basril Basyar juga berprofesi dosen Peternakan Unand sejak 1987.

Ia pernah pula sebagai Ketua Harian Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumbar.

Pada 21 November 2021 lalu, Basril Basyar bersama dua wartawan senior asal Sumbar, yakni Hendra Makmur, SH; dan Zul Efendi, SH, M.Kn dikukuhkan sebagai Ahli Pers Dewan Pers dan menerima sertifikat Ahli Pers Dewan Pers.

“Pengukuhan ketiga “Urang Awak” Itu menjadi bagian dari total 57 Ahli Pers di Dewan Pers dari seluruh Indonesia yang dikukuhkan oleh Ketua Dewan Pers, Prof. Mohammad Nuh, saat itu.

Terkait dikukuhkannya Basril Basyar sebagai salah seorang Ahli Pers, saat di wawancara Topsumbar.co.id Rabu, (24/11/2021), Basril Basyar mengatakan ditetapkannya dia sebagai ahli pers setelah melalui sebuah proses berdasarkan pengalaman dan pengetahuan.

“Tentu berdasarkan pengalaman dan pengetahuan,” ujar Basril Basyar.

Selengkapnya baca:

(Alfian YN)

Pos terkait