Pertama Kalinya, Perhelatan Sastra dan Budaya PPF di Gelar di Payakumbuh

Payakumbuh|Top Sumbar – Untuk pertama kalinya di kota Payakumbuh kegiatan perhelatan sastra dan budaya tingkat Asia Tenggara yang dikemas dalam Payakumbuh Poetry Festival (PPF) di selenggarakan.

Acara yang dikuti oleh Seniman dan Penyair itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat yang diwakili Kepala bidang (Kabid) Pengembangan Ekonomi Kreatif, Darliati di Agam Jua Cafe, Minggu (4/12/2022) malam.

Dalam laporannya, Direktur Payakumbuh Poetri Festival 2022, S. Metron mengatakan bahwa PPF digelar untuk menumbuhkan iklim festival agar terus tumbuh kedepannya di Kota Payakumbuh. ia berharap kedepannya kegiatan festival ini akan digelar secara rutin di Kota Randang.

Bacaan Lainnya

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan ekosistem festival di Kota Payakumbuh. Sebab potensi Payakumbuh sangat tinggi untuk diadakan berbagai acara Festival. ” Ucapnya.

Di kesempatan itu ia juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD Sumbar, Supardi dan PJ. Wali Kota Payakumbuh yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Darliati mengapresiasi kegiatan Payakumbuh Poetri Festival ini dan berterimakasih kepada para tamu undangan dari Asia Tenggara dan berbagai Provinsi di Indonesia yang hadir pada saat itu.

” Terima kasih dan selamat datang kami ucapkan di Sumatera Barat, Harapan kami festival ini nantinya dapat menjadi pendukung berkembangnya daerah kita dalam bidang Pariwisata kesenian,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat memberikan peluang bagi insan seni dan talenta baru untuk berekspresi dalam berbagai bidang seni. Sementara Puisi menurutnya telah digunakan oleh manusia untuk mengungkapkan ide dan ekspresi dalam kehidupan, Puisi adalah bentuk seni yang berbeda dimana interpretasinya akan berbeda kepada setiap invidu.

Senada dengan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Pj. Walikota Payakumbuh yang diwakili Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum, Erlina juga mengapresiasi dan mendukung digelarnya PPF di Kota Payakumbuh, sebab dengan sering digelarnya Festival akan menjadikan Payakumbuh semakin dikenal.

“Pemko mendukung festival semacam ini dan diharapkan dengan dengan adanya festival seperti ini yang diikuti oleh peserta dari Asia Tenggara maka kota Payakumbuh menjadi lebih dikenal oleh daerah luar, selain itu juga akan semakin eratnya hubungan silaturahmi diantara para insan seni se Asia Tenggara.” Ucapnya. (Ton)

Pos terkait