NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat
Masjid Raya Sumbar Sekarang Miliki Kawasan ABS-SBK, Gubernur: Jadikan Pusat Wisata Syariah - Topsumbar

Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 28 Des 2022 14:35 WIB ·

Masjid Raya Sumbar Sekarang Miliki Kawasan ABS-SBK, Gubernur: Jadikan Pusat Wisata Syariah


 Masjid Raya Sumbar Sekarang Miliki Kawasan ABS-SBK, Gubernur: Jadikan Pusat Wisata Syariah Perbesar

Sumatera Barat | Topsumbar – Masjid Raya Sumatera Barat saat ini diresmikan menjadi kegiatan kawasan
Pusat Adat Pembelajaran Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) hal tersebut artinya Masjid Raya Sumbar yang dinobatkan sebagai masjid dengan arsitektur terbaik di dunia ini, dijadikan sebagai pusat pembelajaran bagi jemaah, mahasiswa, pelajar, maupun masyarakat umum yang ingin belajar mengenai keagamaan dan adat budaya Minangkabau.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi saat meresmikan secara langsung Masjid Raya Sumbar sebagai pusat kegiatan pembelajaran ‘Adat Basandi Syarak’ – Syarak’ Basandi Kitabullah’ (ABS-SBK), Rabu (28/12/2022).

Berbeda dengan peresmian ABS SBK sebagai pusat pembelajaran sebelumnya, kali ini peresmian tersebut ditandai dengan berbagai peresmian lainnya yang menunjang kualitas pembelajaran ABS-SBK agar lebih baik lagi. Peresmian tersebut antara lain, Pojok Edukasi dan Literasi Perbankan Syariah, Pojok Informasi Halal, Layanan Kesehatan dan ambulan gratis, Zona KHAS (Kuliner Halal Aman dan Sehat), Galeri Matrilineal di Gedung Bundo Kanduang, serta Galeri Niniak Mamak di Gedung LKAAM.

Dalam sambutannya, Gubernur Buya Mahyeldi mengatakan, Sebuah kebanggaan memiliki Mesjid Raya Sumatera Barat sebagai ikon wilayah Ranah Minang. Untuk mendukung hal itu, Pemprov Sumbar telah melakukan kajian bersama kerajaan Arab Saudi mengenai Sister Province.

“Alhamdulillah saat ini kita juga punya Gedung Bundo Kanduang dan gedung LKKAM, kedepannya rencananya kita akan bangun gedung MUI disini,” ujar Gubernur.

Pemerintah provinsi melakukan pembenahan di Masjid Raya Sumbar, terutama untuk kebersihan dan keamanan lingkungan. Melalui kegiatan ini, langkah awal pembenahan sudah dilakukan dengan meresmikan beberapa kegiatan pembelajaran ABS-SBK.

“Disamping itu, suatu keuntungan bagi Masjid Raya Sumbar menjadi salah satu desain terbaik di dunia. Karena itu, Pemprov Sumbar berupaya tidak hanya untuk menjadikan masjid raya sebagai tempat ibadah saja namun juga pariwisata syariah,” kata Gubernur.

Selain itu, gubernur mengharapkan masyarakat bisa menerapkan karakter masyarakat yang selalu beribadah tepat waktu juga mengingat filsafat ‘Adat basandi Syarak – Syarak Basandi Kitabullah’. Oleh Karena itu, masjid ini dijadikan sebagai pusat kegiatan yang bermanfaat.

“Harapannya dengan ini bisa menyatukan seluruh potensi masyarakat dan juga berefek serta bersinergi dengan filsafat,” imbuh Gubernur.

“Dan mudah-mudahan dengan launching Mesjid Raya Sumbar sebagai pusat kegiatan ABS-SBK, lebih konkret dengan UU RI No 17 tentang daerah Sumatera Barat yang berlandaskan adat dan falsafah. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses kedepannya,” lanjut Gubernur.

Selain peresmian pusat kegiatan pengembangan, gubernur juga memberikan bantuan pendidikan kepada SMA, SMK, SLB di Sumbar dengan total lebih dari 12 miliar rupiah, serta bantuan kepada mahasiswa dengan total lebih dari 3 miliar rupiah.

Sementara itu, sebagai Ketua Umum Masjid Raya Sumbar, Sekertaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansasri, ikut menegaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai wujud implementasi untuk menjadikan mesjid raya sebagai pusat pembelajaran ABS-SBK di Sumbar.

“Dan sebagai implementasi untuk menjadikan mesjid raya pusat kegiatan keagamaan, hari ini kita adakan pemberian bantuan,” ungkap Hansastri.

Usai acara, ketika diwawancarai gubernur menyampaikan, kedepannya lingkungan Mesjid Raya bisa menjadi tempat pusat pembelajaran bagi siswa dan akan lebih banyak lagi pelaksanaan kegiatan disini. (Via/Ssy/MMC)

Diskominfotik Sumbar

Hits: 18

Artikel ini telah dibaca 78 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Terima Audiensi PWI Sumbar, Wagub Audy Tekankan Peran Penting Pers Untuk Pembangunan Sumbar

25 Januari 2023 - 11:43 WIB

WhatsApp Image 2023 01 25 at 18.13.56

Hadir Dalam Pembukan Festival Anak Nagari Koto Gadang, Reido Deskumar : Kita Bangga

24 Januari 2023 - 11:59 WIB

WhatsApp Image 2023 01 23 at 08.20.56

Temui Wagub Audy, Warga Terdampak Tol di Limapuluh Kota Dukung Trase Payakumbuh-Pangkalan

24 Januari 2023 - 09:51 WIB

WhatsApp Image 2023 01 26 at 07.04.46

Wagub Sumbar Serahkan Bantuan 600 Bibit Pohon Jengkol di Pasaman

22 Januari 2023 - 11:44 WIB

WhatsApp Image 2023 01 23 at 08.16.11

Gubernur Mahyeldi Tinjau Pembangunan Normalisasi Batang Tapan

22 Januari 2023 - 11:29 WIB

WhatsApp Image 2023 01 23 at 07.24.52

Resmikan Emir Hotel & Convention Center, Wagub Sumbar: Pariwisata Pasaman Land of Equator Terus Berbenah

22 Januari 2023 - 11:08 WIB

WhatsApp Image 2023 01 23 at 07.22.34
Trending di Sumatera Barat