Kawasan Wisata Mandeh Makin Apik dengan Pertumbuhan Homestay

Pesisir Selatan | Topsumbar — Tingginya jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pesisir selatan terutama ke kawasan Mandeh tingkat ekonomi masyarakat dikawasan itu meningkat. Industri rumah tangga banyak bermunculan di kawasan tersebut. Bahkan penginapan penginapan (Homestay)  mulai tumbuh subur,  banyak rumah warga beralih fungsi menjadi penginapan . Bahkan warga sengaja menambah beberapa ruangan yang dijadikan kamar untuk disewakan sebagai penginapan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Pessel Suhendri Senin (28/11) di Painan mengungkapkan tingginyanya jumlah kunjungan wisata yang datang ke Pessel membawa dampak ekonomi tinggi bagi masyarakat. beberapa kawasan wisata yang dikenal luas wisatawan berdiri beberapa penginapan, homestay,cotange baik itu kelas melati,terapung hinga di pulau pulau di Kawasan Mandeh.

“Pendirian itu berawal tingginya lonjakan pengunjung yang datang ke kawasan Mandeh yang tidak mendapatkan kamar hotel lagi karena penuh, banyak dari wisatawan meyewa rumah warga untuk tempat mereka tinggal sementara. Dan itu ternyata membuka peluang baru bagi masyarakat,” ujarnya

Bacaan Lainnya

Menurutnya,pihaknya  sekarang sedang mendata beberapa pondok penginapan yang berdiri di kawasan Mandeh yang sekarang jumlahnya sudah meningkat dan ini perlu kedepannya didata ulang di tertibkan.

“Sekarang ini kita belum takut penginapan itu beralih fungsi menjadi kawasan maksiat, sebab penginapan yang dibuat warga itu berkaitan langsung dengan  rumah warga itu sendiri. Kendati begitu kedepannya tetap akan kita data dan memberikan sosialisasi kepada mereka tentang pelayanan dan izinnya, pajak dan tarif kamar” ujarnya

Sekarang ini Pemerintah Kabupaten Pessel masih berbenah dan melengkapi berbagai sarana dan prasarana pendukung pengembangan pariwisata. Tujuan ini semua agar kelompok ini mampu memberikan pemberdayaan berkelanjutan sehingga program wisata halal yang telah disematkan pada Kabupaten pessel bisa didukung,’ ujarnya

Menambahkan Pemberdayaan masyarakat di Kawasan Mandeh Tarusan terus dilakukan ,agar seiring berkembangnya  Kawasan Mandeh sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Pessel dan Sumbar pola dan tingkah laku masyarakat juga membaik dan mampu menjadi pelaku wisata andal.

Menurutnya pengembangan kawasan Mandeh sebagai destinasi wisata bahari unggulan terus dilakukan. Pemkab tak henti  memberikan pendampingan kepada kelompok masyarakat sebagai pelaku  utama dalam pengelolaan kawasan pariwisata ini. (RD)

Pos terkait