Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt Perjuangkan Kepentingan Petani

Sijunjung | TopSumbar – Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt melakukan pertemuan dan audiensi dengan Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi di Jakarta pada Senin (7/11).

Dalam kesempatan itu, Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt menyampaikan tujuan audiensi adalah dalam rangka mencari peluang kegiatan dan pendanaan APBN melalui Kementerian Pertanian RI.

Adapun usulan dalam audiensi itu untuk Jaringan Irigasi Tersier (JIT) serta bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Tahun Anggaran 2023.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt juga turut mengajukan proposal Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) seluas 3.700 Ha, pengembangan jagung seluas 919 Ha dan pengembangan kawasan ternak kambing.

“Kami berharap dengan audiensi ini dapat membawa dampak bagi kemajuan pertanian di Ranah Lansek Manih” demikian Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt yang juga dikenal sebagai pelopor pengembangan Pisang Kepok Tanjung ini mengharapkan.

Sementara, Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi mengapresiasi atas audiensi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sijunjung, sebagai bentuk harmonisasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Menurut Wamentan RI, keberhasilan pembangunan juga ditandai dengan berkurangnya angka kriminal, pemberdayaan BUMD dan kerjasama dengan investor untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Bina hubungan yang baik dengan pemerintah pusat, keluarkan regulasi, SOP dan kewenangan Bupati melalui Perbup, dan agar Bupati melakukan akselerasi untuk mencapai target pembangunan di sektor pertanian dengan melibatkan lintas sektor” ujar Wamentan Harvick Hasnul Qolbi.

Diakhir audiensi, Wamentan juga menyebut dirinya akan berkunjung ke Kabupaten Sijunjung “Insyallah, jika Allah mengizinkan saya akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Sijunjung dalam akhir tahun 2022 ini” pungkasnya.

Wamentan Harvick Hasnul Qolbi yang baru dilantik pada Rabu (23/12/2021) lalu, merupakan pendiri Koperasi Amanah Sejahtera Bangsa, Ketua Presidium MPP ICMI dan aktif juga di Lembaga Perekonomian Nahdhatul Ulama, sehingga Presiden memandangnya cocok untuk mendampingi Mentan SYL dalam mengurusi pertanian.

Dilansir dari antaranews.com (25/8) “Sektor pertanian punya kontribusi sebesar 27,46 persen sekaligus memiliki andil terbesar terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Sijunjung” begitu vitalnya sektor pertanian.

Turut mendampingi Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt yaitu Kadis Pertanian Ir. Ronaldi, Sekretaris Disperta, Dewi Shinta Ananda, S.Pt, Kabid Tananaman Pangan dan Hortikultura Hendra, SP, MP, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Hendri S, SP serta Sub Koordinator Lahan Apdal Yulius, SST. (Gun/Kominfo).

Pos terkait