Satu-satunya di Sumbar, Pemko Padang Panjang Salurkan BLT BBM Rp5 M untuk Seluruh DTKS

Padang Panjang | Topsumbar – Sebagai wujud perhatian kepada masyarakat atas dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Pemko Padang Panjang menyediakan anggaran Rp5 M lebih untuk disalurkan ke warga kota dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM.

Targetnya, 10.500 warga yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) akan menerima bantuan ini tanpa terkecuali.

Dana total Rp5.071.350.000 itu, untuk tahap I sudah disalurkan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dan Wakil Wali Kota, Drs. Asrul secara simbolis, Sabtu (12/11/2022), sebesar Rp1.258.650.000. Sisanya Rp 3.812.700.000 akan disalurkan Desember mendatang. Penyaluran BLT BBM itu, untuk saat ini adalah satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Wako Fadly di sela-sela penyaluran bantuan menyebutkan, untuk tahap I ini ada sebanyak 2.797 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima BLT BBM ini.

“Rinciannya, sebanyak 1.664 KPM di Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) dengan total Rp748.800.000 dan di Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) untuk 1.133 KPM dengan total Rp509.850.000,” sebutnya.

Fadly memaparkan, dari 10.500 KK dalam DTKS, sebelumnya sebanyak 2.051 KPM telah menerima BLT BBM dari anggaran dari Kementerian Sosial untuk tahap I Rp615.300.000. Namun Pemko Padang Panjang turut menganggarkan agar seluruh 10.500 KK bisa menerima BLT BBM ini.

“Makanya untuk tahap I ini, dana dari APBD senilai Rp1,25 M digelontorkan untuk membantu 2.797 KPM. Bagi KPM yang belum menerima BLT BBM sekitar 5.652 lagi, akan disalurkan bantuan tahap II pada Desember mendatang, Rp3,8 M dari dana insentif daerah (DID). Sehingga semua KPM yang terdata DTKS akan mendapat BLT BBM ini,” paparnya.

Dijelaskannya, DID yang diterima Pemko dari Pemerintah Pusat sebesar Rp8,9 M. DID ini didapatkan lantaran Pemko Padang Panjang dinilai sebagai satu-satunya kota di Sumatera Barat yang sangat baik dalam penanganan inflasi, keberhasilan dalam meningkatkan pengunaan produk dalam negeri (PDN), percepatan belanja daerah, percepatan vaksinasi Covid-19, serta dukungan belanja daerah terhadap penurunan kemiskinan, pengangguran, dan stunting.

“Jadi KK yang belum menerima BLT BBM ini, nanti akan menerimanya dari dana DID di tahap berikutnya. Di luar itu, kita juga memberikan bantuan untuk driver ojek. Ada tambahan, bila mereka terdaftar di DTKS. Selain dapat Rp450.000, juga mendapatkan untuk tiga bulan Rp300.000, menjadi Rp750.000. Ada sekitar 1.000-an driver ojek,” jelasnya.

Dari DID ini, lanjut Fadly, bantuan juga akan diberikan kepada pengusaha angkot, subsidi BBM sebesar Rp1 juta.

“Ada juga bantuan peralatan pendukung usaha untuk UMKM, bantuan bibit cabai di antaranya untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) dan warga yang memiliki keinginan menanam cabai. Untuk sekitar 2.000 KK. Ini guna mengatasi inflasi dari harga cabai,” ujarnya seraya menyebutkan bibit cabai selain dari DID juga dari CSR.

Sementara itu, Wawako Asrul berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah naiknya harga kebutuhan pokok dan kenaikan harga BBM.

“Mudah-mudahan inflasi dapat kita tekan terus di Kota Padang Panjang. Kita harap bantuan ini dapat meringankan ekonomi masyarakat dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPA), Drs. Osman Bin Nur, M.Si mengungkapkan, untuk BLT BBM ini, kelurahan diharuskan melakukan verifikasi dan validasi data calon penerima dan dimusyawarahkan di tingkat kelurahan agar penyaluran bansos dimaksud tepat sasaran.

Selanjutnya, hasil musyawarah dituangkan dalam Berita Acara Hasil Verifikasi Validasi (verval) dan Usulan KPM BLT BBM, sesuai format terlampir.

“Surat hasil verval usulan KPM BLT BBM disampaikan kelurahan ke DSPPKBPPPA,” ungkapnya.

Kepala Bank Nagari Kota Padang Panjang, Zulhendri, SE yang turut menyaksikan penyaluran bantuan ini menyebutkan, pihaknya langsung menyalurkan BLT BBM di 16 kelurahan di Kota Padang Panjang pada hari ini.

“Dibantu dua orang pegawai Bank Nagari di setiap kelurahan, kita salurkan sesuai dengan daftar yang kita terima. Kita harap masyarakat dapat tertib dan disiplin untuk menghindari pembayaran yang delay,” sebutnya.

Mendapatkan BLT BBM tersebut seorang warga RT 4, Kelurahan Pasar Usang, kecamatan Padang Panjang Barat, Alfian saat menerima BLT BBM, Sabtu (12/11) di Aula Kantor Lurah setempat, bersyukur menerima bantuan tunai ini.

“Alhamdulillah pemerintah memberikan bantuan ini. Bisalah digunakan untuk kebutuhan dapur dan lainnya,” sebutnya.

Senada juga disampaikan warga Kelurahan Ganting, kecamatan Padang Panjang Timur, Elmi (60). Laki-laki yang sehari hari berladang ini, mengaku akan mempergunakan bantuan itu untuk membeli pupuk.

“Bantuan ini akan saya gunakan untuk keperluan yang bermanfaat, bukan untuk duduk di kedai,” akunya.

Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPA), Drs. Osman Bin Nur, M.Si menyebutkan, ada sebanyak 2.797 KPM yang menerima bantuan tahap I dengan total Rp1.258.650.000 ini.

“Penyaluran tahap awal ini diprioritaskan bagi keluarga sangat miskin, lansia, dan penyandang disabilitas,” ungkapnya.

Setelah ini, tambahnya lagi, akan ada penyaluran tahap kedua yang ditujukan kepada tukang ojek yang terdaftar di DTKS, dan penerima yang belum menerima bantuan yang ada di DTKS.

“Penyalurannya di bulan Desember. Sebanyak 1.000-an di antaranya tukang ojek yang akan menerima Rp750 ribu untuk tiga bulan,” jelasnya.

(AL)

Pos terkait