Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Payakumbuh · 24 Nov 2022 19:10 WIB ·

HUT Korpri ke 51 Berlangsung Semarak di Kota Payakumbuh


 HUT Korpri ke 51 Berlangsung Semarak di Kota Payakumbuh Perbesar

Payakumbuh | Topsumbar – Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-51 pada tahun 2022 berlangsung semarak di Kota Payakumbuh. Untuk merayakan hari jadi organisasi yang diperingati setiap tanggal 29 November 2022 itu, pegawai di Kota Payakumbuh dari berbagai organisasi perangkat daerah mengikuti berbagai macam iven yang diselenggarakan panitia pada Kamis (24/11).

Ketua Korpri Kota Payakumbuh Rida Ananda menyebut pada HUT Korpri ke-51 kali ini memiliki tema yang istimewa dan berbeda dari tahun sebelumnya. Tema HUT Korpri ke-51 adalah “Korpri Melayani, Berkonstribusi dan Berinovasi untuk Negeri”.

“Tema HUT Korpri 2022 Ke 51 ini memiliki makna dan harapan untuk anggota Korpri agar tetap bersemangat dalam bekerja melayani kepentingan publik, serta mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa sebagai prasyarat pembangunan nasional,” kata Rida.

Rida yang saat ini merupakan Penjabat Wali Kota Payakumbuh itu menambahkan, Korpri didirikan pada 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971. Korpri didirikan sebagai wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia.

“Korps Pegawai Republik Indonesia disingkat Korpri, merupakan organisasi di Indonesia yang anggota terdiri dari aparatur sipil negara, pegawai BUMN, BUMD, serta anak perusahaan. Mari kita sambut momentum HUT Korpri kali ini untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat, banyak kerja-kerja kedepan yang harus kita tuntaskan, khususnya stunting, inflasi, dan kemiskinan ekstrem,” tukuknya.

Rida menambahkan, semua ASN yang berpartisipasi mengikuti lomba dalam rangka HUT ke-51 Korpri adalah juara, karena para peserta telah diseleksi terlebih dahulu di Perangkat Daerah masing-masing sebelum akhirnya berlomba dan bersaing dengan peserta lainnya.

“Semua peserta yang mengikuti lomba adalah juara, karena semuanya adalah utusan terbaik dari Perangkat Daerah masing-masing untuk mengikuti lomba dan bersaing dengan peserta dari Perangkat Daerah lainnya pada hari ini,” ucap Rida.

Ditambahkan Rida, Perlombaan KORPRI menjadi salah satu ajang untuk membentuk ASN yang BerAKHLAK, sebagaimana yang dibutuhkan negara.

“Perlombaan ini tidak hanya sekedar lomba. Perlombaan dalam rangka HUT Korpri ini menjadi salah satu media bagi kita para ASN membangun karsa untuk terus berkinerja, membangun kerukunan, supaya kita ini sebagai keluarga semakin rukun, bukan saling menghujat. Dan yang terpenting, kita juga membangun jiwa korps kita dengan menjaga marwah KORPRI sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Core Values ASN BerAKHLAK,” tegasnya.

Selaku kepala daerah, Rida mengajak para ASN untuk dapat menanamkan semangat membangun negeri didalam diri, sebagaimana tagline HUT Korpri tahun ini, yakni Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri.

“Saya senang sekali dapat bertemu orang-orang hebat seperti bapak-ibu. Dari ribuan ASN di Kota Payakumbuh, hanya bapak-ibu yang berkesempatan untuk berpartisipasi dalam lomba ini. Jangan memikirkan yang tidak ikut. Semoga, kedepan makin banyak peserta yang ikut lomba. Untuk itu, mari kita tanamkan nilai-nilai yang dijadikan tagline untuk ulang tahun KORPRI tahun ini dengan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, berikan kontribusi positif dan membangun walau sekecil apapun hingga kontribusi yang besar, seperti inovasi-inovasi yang diciptakan untuk mendukung kinerja,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dafrul Pasi menerangkan adapun kegiatan yang dilaksanakan pada 24 November di kantor wali kota sebagai rangkaian memeriahkan HUT Korpri ke 51 di Kota Payakumbuh ini antara lain gerak jalan sehat, lomba solo song, lomba memasak ikan dan telur menjadi rendang, lomba hiburan lainnya, serta makan bersama.

Sementara itu, puncak HUT Kopri nantinya pada 29 November 2022 dilaksanakan Upacara Bendera di Halaman Balai Kota. Selepas itu, digelar anjang sana untuk mengenang, menghormati, dan menghargai jasa para pahlawan dilakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa dan melaksanakan anjangsana membesuk PNS yang sakit.

“Anjang sana akan diikuti juga oleh penasehat dan pengurus Korpri, kepala OPD, serta pengurus Korpri Unit di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh,” terangnya didampingi Sekretaris Panitia Erwan.

Dafrul juga menambahkan, dalam rangka mendukung program pemerintah, Korpri juga menggelar lomba pemanfaatan pekarangan sebagai upaya pengendalian inflasi daerah. Yang akan dinilai ada 3, yakni pekarangan perangkat daerah, semua kantor lurah, dan rumah dari ASN yang menjadi perwakilan OPD masing-masing dalam lomba ini.

Dari sisi salah satu peserta lomba, Camat Payakumbuh Selatan Agus Rubiono mengatakan selaku anggota korpri merasakan senang dan apresiasi dengan iven yang dilaksanakan oleh panitia tahun ini, berbeda dari tahun sebelumnya.

“Kalau bisa, nanti ada juga lomba-lomba lain tak hanya buat ASN saja, namun lomba yang terbuka untuk umum pada HUT Korpri, sehingga eksistensi Korpri dapat diketahui dan dirasakan tak hanya oleh pegawai saja, tapi juga oleh publik,” ujarnya.

Lain lagi dengan Herlina, Staf Ahli Wali Kota yang mengikuti lomba solo song mengaku sedikit grogi untuk tampil, biasanya untuk berbicara di depan publik Dia tak canggung sedikitpun, tapi untuk kali ini rasanya berbeda, karena menyanyi di hadapan para ASN se Kota Payakumbuh.

“Meski begitu, semangat memeriahkan HUT Korpri kali ini membuat kita harus memberanikan diri untuk menghadapi tantangan. Sebagai ASN, sesuai pesan Pj. Wali Kota Rida Ananda bahwa membangun karsa untuk terus berkinerja, membangun kerukunan, supaya kita ini sebagai keluarga semakin rukun,” ujarnya. (Ton)

Hits: 43

Artikel ini telah dibaca 183 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wako Rida Ananda Sambangi Dua Sekolah Minoritas di Payakumbuh

28 November 2022 - 15:56 WIB

Ciptakan Trantibum, Tim 7 Kota Payakumbuh Bakal Sering Razia

27 November 2022 - 10:31 WIB

Luar Biasa, Kota Payakumbuh Raih Juara 2 Bhumandala Award 2022

26 November 2022 - 20:33 WIB

HBT Salurkan Bantuan Lawan Stunting, Wako Rida Ananda Teharu : Terima Kasih, Gayuang Kami Basambuik

23 November 2022 - 19:43 WIB

MUI Payakumbuh Himbau Sekolah dan Instansi Galang Infak Bantu Gempa Cianjur

23 November 2022 - 19:08 WIB

Sah! Perda APBD 2023 Disepakati Pemko dan DPRD Payakumbuh

22 November 2022 - 21:20 WIB

Trending di Payakumbuh