Gempa Tektonik M 4,6 Dirasakan di Padang dan Pesisir Selatan, Ini Penjelasan BMKG

Sumatera Barat | Topsumbar Gempa bumi dirasakan di kota Padang dan Pesisir Selatan, Minggu jelang malam, (27/11/2022)

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika kelas I Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, ST, MT., membenarkan gempabumi dirasakan di kota Padang dan Pesisir Selatan.

“Gempabumi yang dirasakan di kota Padang dan Pesisir Selatan berpusat di Muko-Muko, Bengkulu,” ujar Suaidi melalui pesan tertulis.

Bacaan Lainnya

“Hari ini Minggu, 27 November 2022 pukul 18:37:29 WIB, telah terjadi gempa bumi tektonik di Muko-Muko, Bengkulu dan dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter magnitudo M=4.6,” sambungnya melanjutkan.

Diterangkan Suaidi, episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.56 LS dan 100.08 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 60 km Barat Daya Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada kedalaman 35 km.

Sedangkan jenis gempabumi ini, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat patahan lokal

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat patahan lokallokal,” terangnya.

Kemudian, jelas Suaidi, dampak guncangan gempabumi ini dirasakan di kota Padang dan Pesisir Selatan II MMI (Gempa dirasakan oleh beberapa orang, dan benda benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI Tsunami,” sebutnya.

Terakhir, Suaidi menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kemudian periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” pungkas Suaidi.

(Alfian YN)

Pos terkait