Bupati Safaruddin Resmikan Penggunaan Gedung Puskesmas Piladang

Bupati Safaruddin Resmikan Penggunaan Gedung Puskesmas Piladang

Limapuluh Kota | Topsumbar – Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo meresmikan penggunaan gedung Puskesmas Piladang, Nagari Koto Tangah Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru, Senin (14/11).

Pada peresmian puskesmas yang diperuntukkan untuk dua nagari yakni Nagari Koto Tangah Batu Hampa dan Durian Gadang itu juga dihadiri, Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin, Kepala Lapas Suliki Kamesworo, Kepala Dinas Kesehatan Adel Nofiarman, unsur Forkopimca, Wali Nagari, dan Niniak Mamak dan masyarakat di dua nagari itu.

Dalam laporannya, Kepala UPTD Puskesmas Piladang,Neldawati mengatakan pambangunan gedung puskesmas itu telah satu tahun yang lalu, dan telah dipergunakan masyarakat untuk berobat namun peresmiannya baru terealisasi pada tahun 2022 ini.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah kita bersyukur atas perjuangan masyarakat, Wali Nagari, dan rekan-rekan puskesmas yang telah berjuang mewujudkan Puskesmas yang representatif di Piladang ini, semoga dengan adanya gedung puskesmas ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada dua nagari disini,”ujarnya.

Selain itu, Neldawati turut menjelaskan, Ia bersama jajarannya di puskesmas memiliki sejumlah inovasi dalam melayani masyarakat, yakni diantaranya, Bidan Selalu Ada di Samping Ibu, Bayi Bermasalah (BASABALAH), Gerakan Obat Keluarga Penyakit Hipertensi (GEROBAK KELUARGA) serta Minuman Hangat Bagi Lansia (MIHASELA).

“Disini kita memiliki 41 orang petugas untuk melayani masyarakat, yang terdiri dari 31 ASN, 2 orang tenaga kontrak dan 8 orang petugas suka rela. Kami berharap kedepannya pelayanan untuk masyarakat akan lebih baik dengan adanya gedung ini,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Safaruddin dalam arahannya mengatakan dengan kehadiran gedung puskesmas ini diharapkan menjadi sentra pelayanan kesehatan yang unggul demi mewujudkan masyarakat sehat di Kabupaten Limapuluh Kota khususnya di dua nagari tersebut.

Kemudian Bupati Safaruddin mengatakan, sebagai ujung tombak pelayanan pertama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, Puskesmas memiliki peran penting dalam membangun kesehatan masyarakat, untuk itu Puskesmas Piladang diminta melakukan tugas secara berkesinambungan dan melibatkan semua sektor serta harus mampu menjawab persoalan kesehatan masyarakat terutama dalam pelayanan dasar kesehatan.

Kemudian dilanjutkannya, Pembangunan Puskesmas Piladang yang telah dilaksanakan dari tahun 2021 lalu, merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk mendukung peningkatan derajat kesehatan, melayani masyarakat secara langsung menuju masyarakat sehat dan sejahtera. Selanjutnya Bupati berharap insan kesehatan terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat serta mendorong masyarakat untuk memeriksa kesehatan secara rutin.

Di penghujung acara, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dan rombongan melakukan pengguntingan pita peresmian Pemakaian Gedung Baru UPTD Puskesmas Piladang. Bupati juga melakukan peninjauan ke sejumlah ruangan layanan Puskesmas yang terdiri dari dua lantai itu. (ton)

Pos terkait