Bawaslu Agam Komit Jadi Lembaga Pengawas Pemilu Terpercaya

Agam | Topsumbar – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Agam berkomitmen menjadi lembaga pengawas kepemiluan yang terpercaya.

Komitmen itu salah satunya diwujudkan dengan memberikan pembekalan pengawasan kepemiluan bagi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Sabtu (19/11/2022) lalu, dilansir Topsumbar.co.id dari AMC News, Senin, 21 November 2022.

Ketua Bawaslu Agam, Elvys mengatakan menjadi lembaga pengawas pemilu yang terpercaya merupakan pengejawantahan visi Bawaslu RI. Sehingga menjadi penting bagi pihaknya untuk mewujudkan visi tersebut.

Bacaan Lainnya

Untuk mencapai visi tersebut katanya, peningkatan pemahaman Panwascam dalam tugas pengawasan kepemiluan menjadi fundamental.

Sehingga, rapat fasilitasi kali ini diharapkan menjadi wadah komunikasi antar sesama pengawas yang merupakan poin penting dalam memaksimalkan tugas pengawasan nantinya,” ujarnya.

Agar pemahaman Panwascam lebih maksimal, pihaknya mendatangkan dua narasumber expert di bidang kepemiluan. Pertama, Pemerhati Pemilu, Vifner, SH, MH dan Khairul Anwar, S.Ag, MH.

Dalam uraiannya, Vifner mengatakan kegiatan menegaskan bahwa kejahatan pelanggaran pemilu tidak bisa diberantas seluruhnya, tapi dengan kehadiran pengawas bisa mempersempit peluang pelanggaran tersebut.

Untuk dapat menjadi profesional dalam menjalankan tugas pengawasan katanya, pengawas lebih dahulu harus menguasai regulasi-regulasi terkait penyelenggaraan.

Tidak hanya regulasi dari Bawaslu maupun KPU, kita juga harus memahami peraturan lain yang berkaitan dengan tugas pengawasan,” katanya.

Pada diskusi panel, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat periode 2017-2022, Surya Efitrimen juga mengingatkan bahwa Panwascam harus meningkatkan kualitas sebagai pengawas.

Panwascam dituntut harus bisa menempatkan posisinya di tengah masyarakat agar dapat memberikan pemahaman terkait peraturan dan tahapan pemilu, hak-hak pengawasan oleh masyarakat, serta larangan dan sanksi dalam tahapan kepemiluan.

“Panwaslu Kecamatan diharapkan dapat meningkatkan pengawasan partisipatif dalam memaksimalkan pengawasan pemilu,” ujarnya.

(AL)

Pos terkait