Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kabupaten Solok membuka Dapur Umum di Nagari Koto Sani

Kabupaten Solok | TopSumbar – Pasca bencana banjir bandang yang terjadi di Jorong Padang Belimbing, Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, pada Minggu (2/10/2022) dini hari, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kabupaten Solok membuka Dapur Umum di Nagari Koto Sani, Senin (3/10).

Posko Dapur Umum Tagana Kabupaten Solok didirikan di sekitar halaman pekarangan rumah warga bernama Suharti (59 tahun) panggilan buk Eti di Dusun Lembah Burai Indah (LBI) Jorong Padang, Belimbing Nagari Koto Sani.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok, Ir. Syoufitri didampingi Kabid Rehabilitasi Sosial, Kenol, SST menyebutkan, Posko Dapur Umum dipersiapkan untuk menyiapkan bantuan makanan khususnya bagi warga masyarakat, yang terdampak musibah banjir bandang di Jorong Padang Belimbing, Nagari Koto Sani.

Bacaan Lainnya

Pasca bencana banjir bandang tersebut, selain mendirikan Posko Dapur Umum, Dinas Sosial Kabupaten Solok juga sudah menyalurkan bantuan air mineral dan makanan cepat saji.

Sementara itu, salah seorang warga Jorong Padang Belimbing Nagari Koto Sani, Syafrizal (52) menyebutkan, pasca musibah banjir bandang tersebut, yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini adalah bantuan makanan dan juga obat-obatan.

Syafrizal didampingi sejumlah warga Dusun Lembah Burai Indah Jorong Padang Belimbing lainya mengatakan, masyarakat setempat menjadi trauma dengan terjadinya  banjir bandang tersebut.

Dalam peristiwa itu, setidaknya 25 unit rumah warga, khususnya ditepian bantaran Sungai Batang Lembang rusak diterjang banjir bandang tersebut.

Selain itu, 27 hektar areal persawahan penduduk, juga mengalami kerusakan. Fasilitas umum yang rusak diantaranya adalah, irigasi Banda Karang, irigasi Banda Burai, Jembatan Labang dan jembatan LBI Kandang Batu. Dengan jumlah kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Kerusakan diakibatkan oleh, terjangan banjir bandang, berupa material lumpur bercampur kerekel dan bebatuan. Juga batang-batang pohon yang bertumbangan, seperti batang pohon kelapa dan batang-batang pohon lainya.

Sebelumnya, Bupati Solok H. Epyardi Asda, juga datang langsung meninjau lokasi banjir bandang di Jorong Padang Belimbing, Nagari Koto Sani, pada Minggu (2/10/2022) pagi.

Dengan didampingi Asisten II, Syahrial, Camat X Koto Singkarak, Crismon Darma, Wali Nagari Koto Sani, Deswandri dan Kepala Jorong Padang Belimbing, Alfius.

Dilokasi banjir, Bupati Epyardi Asda langsung memerintahkan jajaranya dari Dinas terkait, untuk membantu percepatan penanganan pasca banjir.

(By)

Pos terkait