Sebagai Muslim Wajib Mengetahui Rukun Iman, Makna dan Urutannya

Rukun Iman menurut bahasa artinya pilar-pilar yang menyangga iman seorang muslim. Dengan yakin terhadap Rukun Iman maka tegaklah iman seorang muslim. Sebagai umat muslim wajib tahu tentang Rukun Iman yang terdiri dari enam, yaitu :

1. Iman Kepada Allah SWT

Umat muslim wajib lebih dulu mengenal bahwa Tiada Tuhan Selain Allah. Menurut Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At Tuwaijiri, guna mengimani hal ini dapat terwujud dalam empat perkara yaitu :

Bacaan Lainnya
  1. Iman pada keberadaan (wujud) Allah SWT.
  2. Iman bahwa Allah SWT ialah Tuhan yang tak ada sekutu bagi-Nya.
  3. Beriman dengan Uluhiyyah Allah SWT.
  4. Beriman dengan Asma (99 Asma Allah) dan sifat-sifat Allah SWT.

2. Iman Kepada Malaikat

Makna beriman pada para malaikat ialah guna mengimani atau meyakini bahwa Allah SWT sudah menciptakan para malaikat dalam keadaan :

  1. Malaikat bukan laki-laki atau perempuan.
  2. Malaikat tidak makan dan tidak minum.
  3. Malaikat tidak tidur.
  4. Malaikat tidak menikah dan tidak mempunyai nafsu.
  5. Malaikat ialah makhluk yang mulia.

Malaikat banyak jumlahnya. Tapi ada 10 malaikat yang wajib diketahui oleh seorang muslim yakni :

– Malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu.

– Malaikat Mikail tugasnya menyampaikan rejeki.

– Malaikat Israfil tugasnya peniup sangkakala.

– Malaikat Israfil tugasnya pencabut nyawa.

– Malaikat Munkar Nakir tugasnya penanya roh di alam barzah.

– Malaikat Raqib Atid tugasnya pencatat amal manusia.

– Malaikat Malik tugasnya penjaga pintu neraka.

– Malaikat Ridwan tugasnya penjaga pintu surga.

3. Iman Kepada Kitab-kitab Allah

Makna dari beriman kepada kitab-kitab Allah ialah meyakini dan percaya bahwa Allah sudah menurunkan wahyu (kitab suci) lewat malaikat Jibril kepada para rasul guna disampaikan ke umat yang isinya petunjuk dan pedoman hidup untuk hamba-hamba-Nya. Kitab yang sudah diturunkan oleh Allah jumlahnya ada 4 kitab, yaitu :

  1. Taurat diturunkan untuk nabi Musa.
  2. Zabur diturunkan untuk nabi Daud.
  3. Injil diturunkan untuk nabi Isa
  4. Al-Quran diturunkan untuk nabi Muhammad.

4. Iman Kepada Nabi dan Rasul-Nya

Makna dari Rukun Iman kepada Nabi dan Rasul adalah setiap muslim meyakini bahwa para nabi dan rasul ialah utusan Allah guna menyampaikan wahyu-Nya. Perbedaan nabi dan rasul ialah seorang nabi belum tentu rasul, sementara seorang rasul sudah pasti seorang nabi. Jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui umat Islam jumlahnya ada 25, yaitu :

Adam AS, Idris AS, Nuh AS, Hud AS, Shaleh AS, Ibrahim AS, Luth AS, Ismail AS, Ishak AS, Ya’qub AS, Yusuf AS, Ayub AS, Syu’ib AS, Musa AS, Harun AS, Zulkifli AS, Daud AS, Sulaiman AS, Ilyas AS, Ilyasa AS, Yunus AS, Zakaria AS, Yahya AS, Isa AS, Muhammad SAW.

5. Iman Kepada Hari Kiamat

Suatu ketika nanti, seluruh alam semesta akan hancur dan digantikan dengan kehidupan yang kekal (akhirat). Hal ini diyakini adalah iman pada hari kiamat. Peristiwa hari kiamat terjadi dalam dua fase yaitu :

– kiamat kubro (kiamat kecil) ialah terjadi kejadian hancurnya jagat raya dalam skala kecil. Contohnya : bencana alam tsunami, gempa bumi, gunung meletus, banjir.

– kiamat kubro (kiamat besar) ialah kiamat yang sebenarnya yakni proses hancurnya alam semesta serta seluruh penghuninya. Kiamat kubro adalah sebuah tanda dimulainya kehidupan akhirat. Disini manusia mulai ditimbang dan dipertanggungjawabkan semua amalnya di dunia. Tanda-tanda kiamat kubro diantaranya ialah munculnya Dajjal, turunnya Takjub dan Maljum, terbitnya matahari dari Barat.

6. Iman Kepada Qadha dan Qadhar

Qadha maknanya ialah sesuatu yang sudah ditetapkan Allah kepada Makhluk-nya berupa penciptaan, peniadaan atau perubahan pada sesuatu. Qadar maknanya ialah sesuatu yang sudah ditentukan Allah sejak jaman azali. Karena itu Qadar sudah ada lebih dulu baru ada Qadha.

Demikian tentang 6 Rukun Iman dalam Islam. Sebagai umat Islam wajib mengetahui, mempelajari dan selalu memaknainya. Semoga umat Islam selalu berada dalam naungan iman sampai kelak dipanggil Allah kembali di sisi-Nya. (*)

Pos terkait