Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 1 Okt 2022 10:51 WIB ·

Gubernur Sumbar Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Jadi Sumbar ke-77


 Gubernur Sumbar Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Jadi Sumbar ke-77 Perbesar

Sumbar | TopSumbar – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Jadi Provinsi ke-77 Tahun 2022 di Halaman Kantor Gubernur, Jl. Sudirman, Kota Padang, Sabtu (1/10).

Meski cuaca mendung, peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila” ini dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dan bertindak sebagai pembaca ikrar Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar. Sedangkan komandan upacara, Mayor Laut (K) Chandra.

Ditemui usai upacara, Gubernur mengajak segenap anak bangsa masyarakat Sumbar untuk memperkuat dan meningkatkan pemahaman serta penghayatan terhadap nilai-nilai yang ada dalam 5 sila Pancasila.

“Sejarah mencatat bahwa negara kita pernah dirongrong berbagai upaya pemberontakan. Namun dengan persatuan dan nilai-nilai Pancasila, kita bisa bertahan. Karena itu, hadirkan dalam keseharian masyarakat nilai-nilai Pancasila. Karena nilai-nilai inilah yang menyatukan dan mengokohkan seluruh potensi anak bangsa dalam menghadapi berbagai rongrongan,” ujar gubernur.

“Mari kita rawat nilai-nilai ini. Terutama pasca pandemi covid. Mari jadikan peringatan Hari Kesaktian Pancasila jadi momentum menjaga kekuatan kebersamaan dan persatuan. Tidak ada yang berat dan sulit jika kita bersatu. Bangun kolaborasi dan sinergi dengan seluruh pihak,” sambung gubernur.

Sementara Irsyad Safar menyebut peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Jadi Provinsi Sumbar sangat penting sebagai momen kebangsaan dan kembali utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia setelah digoncang upaya pemberontakkan.

“Masyarakat Sumbar harus tetap waspada dengan ancaman ideologi komunis yang PKI nya mungkin sudah dibubarkan tapi ideologinya tentu tidak bisa dilupakan. Lalu dalam momen HUT Provinsi ini saya kira kita masih harus terus gencar menyebarkan ke masyarakat bahwa 1 Oktober adalah hari ulang tahun Sumbar yang masih banyak yang belum tau,” kata Irsyad.

Upacara berjalan khidmad dan lancar. Upacara Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Jadi Provinsi Sumbar ini dihadiri Forkopimda Sumbar, Pejabat Esselon II dan III di lingkungan Pemprov Sumbar. Sebagai peserta upacara tampak dari TNI, Polri, Korpri, Satpol PP, Mahasiswa, dan kalangan pelajar. (HT)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tingkatkan Profesionalisme Anggota Humas, Bidhumas Polda Sumbar Gelar Rapat Bidang Kehumasan

30 November 2022 - 17:33 WIB

Cuaca Sumbar 28-30 November: Cerah dan Potensi Hujan Lebat di Beberapa Daerah

28 November 2022 - 14:10 WIB

Gempa Tektonik M 4,6 Dirasakan di Padang dan Pesisir Selatan, Ini Penjelasan BMKG

27 November 2022 - 20:24 WIB

Kapolda Sumbar Buka Pelatihan DVI TA 2022

22 November 2022 - 21:26 WIB

Kawasan Mandeh Bakal Miliki Konservasi Lumba Lumba

22 November 2022 - 16:07 WIB

Kapolda Sumbar Tutup Audit Kinerja Itwasda Polda Sumbar Tahap II T.A 2022

21 November 2022 - 16:46 WIB

Trending di Sumatera Barat