Bupati Solok : Kita Wujudkan Sinergi Gerakan PKK di Tengah Masyarakat

Kabupaten Solok | TopSumbar – Pemukulan gong oleh Bupati Solok, Epyardi Asda menandai dibukanya Jambore kader PKK berprestasi ke XIX Tingkat Kabupaten Solok, di Dermaga Danau Singkarak, Kamis (13/10/2022).

Jambore kali ini mengangkat tema “Melalui Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kabupaten Solok tahun 2022, kita wujudkan sinergi gerakan PKK di tengah masyarakat, berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama”.

Hadir pada kesempatan itu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Solok, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny.Emiko Epyardi Asda, Sekretaris TP-PKK Kabupaten Solok, Retni Humaira, Asisten, Staf Ahli, Ketua Pokja PKK, Camat, Wali Nagari serta para kader PKK.

Bacaan Lainnya

Bupati Solok, Epyardi Asda dalam sambutannya mengatakan, semoga jambore kader PKK tahun ini bisa mmberikan dampak yang positif sehingga baik masyarakat, nagari, kecamatan dan kabupaten bisa bersama-sama menjadi lebih baik dan terbaik.

Kabupaten Solok merupakan daerah pertanian, daerah yang di anugerahi tanah yang subur dan bagus. Seperti halnya Beras Solok. Beras Solok merupakan beras termahal di Indonesia dengan varietas seperti Beras Sokan dan Beras Anak Daro.

“Untuk itu, mari bersama kita Instrospeksi diri, Solok harus bangkit dan berjaya. Kalau kita menjalankan peran dengan baik, kita bisa menjadi yang terbaik,” ajaknya.

Dirinya juga merasa bangga melihat kekompakan yang ditampilkan oleh kader PKK Kabupaten Solok. Apalagi kita sedang berusaha bagaimana semua lini kehidupan menjadi lebih baik, untuk itu mari kita aktifkan semua kegiatan di Kabupaten Solok.

Nanti Tahun 2023, bupati juga akan memberikan anggaran lebih agar PKK di setiap Nagari bisa lebih maju dan mandiri.

”Kami juga telah menginstruksikan kepada wali Nagari se-Kabupaten Solok untuk menganggarkan dana kesenian di masing-masing nagari sehingga nantinya para pemuda bisa menghidupkan dan melestarikan kesenian anak nagari. Orbitkan para anak muda, ajak membangun nagari, serta tunjukan prestasi,” pesan Epyardi.

Sebelumnya, Sekretaris TP PKK Kabupaten Solok sekaligus ketua panitia, Retni Humaira mengatakan, Jambore Kader PKK berprestasi ini guna menambah wawasan, pengetahuan, persahabatan serta memberi motivasi dan penghargaan (reward) bagi para kader PKK yang telah bekerja ikhlas dan sukarela serta menggebyarkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Adapun tujuan jambore ini untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan gerakan PKK di Kabupaten Solok melalui 10 Program Pokok PKK untuk mewujudkan keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju.

Selanjutnya, meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para peserta jamboree dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK melalui ekspose, vlog dan berbagai lomba jambore kader PKK berprestasi. Serta sebagai penghargaan serta memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya dalam pelaksanaan Gerakan PKK di lapangan.

Adapun jenis perlombaan yang dilaksanakan dalam Jambore Kader PKK Berprestasi Tahun 2022 ini terdiri dari Lomba Defile Yel-yel Kontingen, Lomba Ekspose Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan terhadap Pelaksanaan 10 program pokok PKK, Lomba Jingle PAAREDI, Lomba Stand dan Produk UP2K, Lomba Vlog AKU HATINYA PKK, Lomba Ekspose PHBS Plus oleh Ketua Tim Penggerak PKK Nagari Binaan .

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny.Emiko Epyardi Asda menyampaikan, Gerakan PKK dari tahun ke tahun telah memperlihatkan dampak yang positif sebagai mitra kerja Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga terutama dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai insan pembangunan yang berkualitas.

Hal ini tidak terlepas dari peran kader PKK terutama ditingkat kecamatan dan nagari, dimana kiprah mereka sangat menentukan keberhasilan kegiatan 10 program pokok PKK ditengah-tengah masyarakat.

Jambore merupakan kegiatan rutin Tim Penggerak PKK mulai dari Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional. “Melalui kegiatan Jambore ini diharapkan kita akan mendapatkan kader-kader terbaik yang akan mewakili Kabupaten Solok dalam Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 yang akan datang,” ucapnya.

Pada tahun ini, Kabupaten Solok berhasil meraih Juara 1 Lomba Vlog PHBS Plus di Nagari Pilot Project, Juara 2 Lomba Yel-Yel dan Mars Dasawisma, Lomba Stand UP2K dan Merancang Busana Kembaran PKK dalam kegiatan Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Agam beberapa waktu yang lalu.

Untuk itu Tim Penggerak PKK pada tahun ini kembali menyeleksi kader-kader yang mempunyai kemampuan untuk dapat mengikuti kegiatan jambore tahun 2023 yang akan datang.

“Kami yakin kita semua mempunyai harapan yang sama yaitu Kabupaten Solok kembali meraih Juara Umum Tingkat Provinsi Sumatera Barat seperti yang telah kita raih pada Jambore PKK Tahun 2021,” tutup Ny.Emiko.
(Erby)

Pos terkait