Bupati Solok Buka Gowes Salingka Danau

Kabupaten Solok | TopSumbar – Gowes Salingka Danau merupakan acara perdana sekaligus napak tilas dari event Tour De Singkarak yang lebih meningkatkan kepada pariwisata sambil bersepeda menikmati alam Kabupaten Solok. Acara ini mengkolaborasikan antara Kesenian, Bazar UKM dan Ekonomi Kreatif serta Bersepeda.

Hal itu diucapkan Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar ketika membuka acara Gowes Wisata Salingka Danau di Alahan Panjang Resort, Sabtu (29/10/2022).

Tampak hadir dalam pembukaan itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny.Hj. Emiko Epyardi Asda, S.P, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison,S.Sos.,M.Si, Asisten Sekda, Staf ahli bupati, Camat, Forkopincam, Walinagari, KAN, BPN, serta Masyarakat Alahan Panjang.

Bacaan Lainnya

Bupati sangat mengapresiasi panitia dan semua pihak yang telah berusaha dan bekerja keras kurang lebih dua bulan terakhir mempersiapkan acara Gowes Salingka Danau tersebut. Semoga acara yang dilangsungkan selama dua hari dari tanggal 29 Oktober sampai 30 Oktober 2022 akan berjalan lancar dan meriah.

Ia menyebutkan acara ini bertujuan agar bisa menarik wisatawan untuk datang ke Alahan Panjang Resort, yang nantinya bisa berdampak pada sektor ekonomi masyarakat Alahan Panjang, dan tidak menutup kemungkinan akan ada investor yang akan mau bekerjasama dengan pemerintah daerah, untuk membangun dan mempercantik tampilan dari tempat wisata seperti Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang.

Bupati Solok juga menginginkan kesenian anak nagari untuk di berikan pembinaan dengan cara membentuk Dewan Kesenian yang berada di bawah Dinas Pariwisata.

”Dinas terkait agar membuat Surat Edaran yang berisi tentang himbauan kepada seluruh Wali Nagari di Kabupaten Solok agar menganggarkan dana untuk pembinaan kesenian anak nagari,” sebut bupati.

Apalagi, kesenian Kabupaten Solok tidak kalah dengan daerah lain. Mari kita bina anak muda kita dengan sungguh-sungguh, sehingga nanti mereka akan tampil benar-benar orang yang telah siap dan bagus.

“Untuk kedepannya, acara yang besar seperti Gowes Salingka Danau ini, pihak terkait benar-benar harus di persiapkan dengan baik dan matang. Jika berhasil ini akan berdapak positif baik dalam hal promosi daerah, promosi pariwisata, promosi UKM dan Kesenian,” harap Bupati.

Seperti diketahui, Acara Gowes Salingka Danau ini mengambil momen Hari Sumpah Pemuda ke-94 dengan harapan semangat Sumpah Pemuda menjadi inspirasi kebangkitan pariwisata Kabupaten Solok untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Kegiatan itu didukung oleh perangkat daerah terkait seperti Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar, Dinas KUKMKPP, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Lembah Gumanti, Kecamatan Danau Kembar, Bagian Umum Sekretariat Daerah, Polsek Lembah Gumanti dan Polsek Danau Kembar, serta organisasi RAPI.

Gowes ini juga mendapat sponsorship dari BUMN dan perusahaan yang ada di Solok seperti Bank Nagari, Bank Mandiri, Bank BRI, serta BPJS kesehatan.

Pada Sabtu (29/10) rangkaian kegiatan akan dimulai dengan pagelaran seni, pameran dan UKM serta pada Minggu (30/10) akan dilaksanakan pelepasan gowes Salingka Danau. Gowes itu akan menempuh perjalan wisata sepanjang 24 KM yang melintasi Alahan Panjang, Resort Danau Diatas, Nagari Simpang Tanjuang Nan IV, Danau Talang dan kembali ke Alahan Panjang Resort.
(By)

Pos terkait